Pengaruh Penggunaan Strategi Aktivitas Membaca Berfikir Terbimbing dengan Membaca Teknik Terhadap Hasil Belajar Membaca Intensif Siswa Kelas IV SDN Krembung 1 Sidoarjo
View/ Open
Date
2015Author
Agnestria, Rizki
Satrijono, Hari
Yuliati, Nanik
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan Strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing dengan membaca teknik terhadap hasil belajar membaca intensif siswa kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo. Penelitian ekperimental dengan menggunakan desain pre-test post-test control group design ini dilaksanakan di kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo. Strategi AMBT merupakan strategi yang berguna untuk membimbing siswa berinteraksi dengan teks yang berlandaskan pada pendekatan proses membaca. Proses membaca tersebut dimulai dengan tahap prabaca, saat baca, dan pascabaca. Dalam penelitian ini, tahap pasbaca dilakukan dengan membaca teknik oleh siswa secara bergilir sedangkan siswa yang lainnya menyimak. Rumusan masalah dalam penelitian adalah adakah pengaruh penggunaan Strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing dengan membaca teknik terhadap hasil belajar membaca intensif siswa kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo. Populasi dalam penelitian adalah kelas IV dengan jumlah 71 siswa yang terdiri atas 35 siswa kelas IV A dan 36 siswa kelas IV B. Responden penelitian ditentukan setelah uji homogenitas. Diperoleh harga t0 = 0.112 yang dikonsultasikan dengan harga tt dengan dbd = 69 pada taraf signifikansi 5% yaitu 1.997, sehingga diperoleh nilai t0 < tt (0.112 < 1.997). Dengan demikian hipotesis nihil diterima, yaitu tidak ada perbedaan mean yang signifikan sehingga populasi dinyatakan homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Diperoleh harga t0 = 2.548 yang dikonsultasikan dengan harga tt dengan db = 69 pada taraf signifikansi 5% yaitu 1.669, sehingga diperoleh nilai t0 > tt (2.548 > 1.669). Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan strategi AMBT dengan membaca teknik terhadap hasil belajar membaca intensif siswa kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo.
Collections
- SRA-Education [1352]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI AKTIVITAS MEMBACA BERPIKIR TERBIMBING DENGAN MEMBACA TEKNIK TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV SDN KREMBUNG I SIDOARJO
Agnestria, Rizki (2015-12-07)Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “adakah pengaruh penggunaan Strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing dengan Membaca Teknik terhadap hasil belajar Membaca Intensif siswa kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo”. ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TAHUN PELAJARAN 2010/2011 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 TAHUN PELAJARAN 2010/201
Arnawati (2014-01-20)Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa. Tanpa keterampilan membaca siswa sulit untuk menguasai mata pelajaran lainnya dengan baik. Oleh karena itu, membaca perlu mendapatkan ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK DENGAN STRATEGI AKTIVITAS MEMBACA BERPIKIR TERBIMBING (AMBT) PADA SISWA KELAS V SDN KAMAL 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Dewi Permani Suci (2014-01-27)Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, rendahnya kemampuan membaca siswa kelas V di SDN Kamal 01 Jember disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: 1) cara mengajar guru yang kurang bervariasi dan tidak memotivasi siswa; ...