PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI AKTIVITAS MEMBACA BERPIKIR TERBIMBING DENGAN MEMBACA TEKNIK TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV SDN KREMBUNG I SIDOARJO
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “adakah pengaruh
penggunaan Strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing dengan Membaca
Teknik terhadap hasil belajar Membaca Intensif siswa kelas IV SDN Krembung I
Sidoarjo”. Tujuan dari penelitian ini adalah “untuk mengetahui ada tidaknya
pengaruh penggunaan Strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing dengan
Membaca Teknik terhadap hasil belajar Membaca Intensif siswa kelas IV SDN
Krembung I Sidoarjo”.
Penelitian ekperimental dengan menggunakan desain pre-test post-test
control group design ini dilaksanakan di kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo.
Populasi dalam penelitian adalah kelas IV dengan jumlah 71 siswa yang terdiri
atas 35 siswa kelas IV A dan 36 siswa kelas IV B. Responden penelitian
ditentukan setelah uji homogenitas menggunakan analisis varian. Hasil
perhitungan uji homogenitas diperoleh harga t0 = 0.112, harga t0 ini
dikonsultasikan dengan harga tt dengan dbk = 1 dan dbd = 69 pada taraf
signifikansi 5% yaitu 1.997, sehingga diperoleh nilai t0 < tt (0.112 < 1.997).
Dengan demikian (hipotesis nihil) diterima, yaitu tidak ada perbedaan mean
yang signifikan sehingga populasi dinyatakan homogen. Penentuan responden
dilakukan dengan cluster random sampling dengan teknik undian, sehingga
diperoleh kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas
kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
dokumentasi, dan tes.
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Diperoleh harga t0 =
2.548. Harga t0 ini dikonsultasikan dengan harga tt dengan db = Nx + Ny – 2 = 69
pada taraf signifikansi 5% yaitu 1.669, sehingga diperoleh nilai t0 > tt (2.548 >
1.669). Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha)
diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
penggunaan strategi AMBT dengan membaca teknik terhadap hasil belajar
membaca intensif siswa kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo.
Saran bagi guru, hendaknya dapat digunakan sebagai bahan masukan
tentang salah satu strategi pembelajaran bahasa yang mengembangkan
kemampuan berpikir siswa melalui keterampilan membaca. Bagi sekolah,
hendaknya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan pedoman dalam
meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SDN Krembung I Sidoarjo. Bagi
peneliti lain, hendaknya hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dan bahan
masukan untuk membuat inovasi baru dibidang pendidikan atau penelitian lebih
lanjut.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TAHUN PELAJARAN 2010/2011 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 TAHUN PELAJARAN 2010/201
Arnawati (2014-01-20)Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa. Tanpa keterampilan membaca siswa sulit untuk menguasai mata pelajaran lainnya dengan baik. Oleh karena itu, membaca perlu mendapatkan ... -
Pengaruh Penggunaan Strategi Aktivitas Membaca Berfikir Terbimbing dengan Membaca Teknik Terhadap Hasil Belajar Membaca Intensif Siswa Kelas IV SDN Krembung 1 Sidoarjo
Agnestria, Rizki; Satrijono, Hari; Yuliati, Nanik (UNEJ, 2015)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan Strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing dengan membaca teknik terhadap hasil belajar membaca intensif siswa kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo. ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK DENGAN STRATEGI AKTIVITAS MEMBACA BERPIKIR TERBIMBING (AMBT) PADA SISWA KELAS V SDN KAMAL 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Dewi Permani Suci (2014-01-27)Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, rendahnya kemampuan membaca siswa kelas V di SDN Kamal 01 Jember disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: 1) cara mengajar guru yang kurang bervariasi dan tidak memotivasi siswa; ...