• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI AKTIVITAS MEMBACA BERPIKIR TERBIMBING DENGAN MEMBACA TEKNIK TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV SDN KREMBUNG I SIDOARJO

    Thumbnail
    View/Open
    Rizki Agnestria - 110210204036.pdf (4.119Mb)
    Date
    2015-12-07
    Author
    Agnestria, Rizki
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “adakah pengaruh penggunaan Strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing dengan Membaca Teknik terhadap hasil belajar Membaca Intensif siswa kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo”. Tujuan dari penelitian ini adalah “untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan Strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing dengan Membaca Teknik terhadap hasil belajar Membaca Intensif siswa kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo”. Penelitian ekperimental dengan menggunakan desain pre-test post-test control group design ini dilaksanakan di kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo. Populasi dalam penelitian adalah kelas IV dengan jumlah 71 siswa yang terdiri atas 35 siswa kelas IV A dan 36 siswa kelas IV B. Responden penelitian ditentukan setelah uji homogenitas menggunakan analisis varian. Hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh harga t0 = 0.112, harga t0 ini dikonsultasikan dengan harga tt dengan dbk = 1 dan dbd = 69 pada taraf signifikansi 5% yaitu 1.997, sehingga diperoleh nilai t0 < tt (0.112 < 1.997). Dengan demikian (hipotesis nihil) diterima, yaitu tidak ada perbedaan mean yang signifikan sehingga populasi dinyatakan homogen. Penentuan responden dilakukan dengan cluster random sampling dengan teknik undian, sehingga diperoleh kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Diperoleh harga t0 = 2.548. Harga t0 ini dikonsultasikan dengan harga tt dengan db = Nx + Ny – 2 = 69 pada taraf signifikansi 5% yaitu 1.669, sehingga diperoleh nilai t0 > tt (2.548 > 1.669). Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan strategi AMBT dengan membaca teknik terhadap hasil belajar membaca intensif siswa kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo. Saran bagi guru, hendaknya dapat digunakan sebagai bahan masukan tentang salah satu strategi pembelajaran bahasa yang mengembangkan kemampuan berpikir siswa melalui keterampilan membaca. Bagi sekolah, hendaknya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan pedoman dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SDN Krembung I Sidoarjo. Bagi peneliti lain, hendaknya hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dan bahan masukan untuk membuat inovasi baru dibidang pendidikan atau penelitian lebih lanjut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66946
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • Pengaruh Penggunaan Strategi Aktivitas Membaca Berfikir Terbimbing dengan Membaca Teknik Terhadap Hasil Belajar Membaca Intensif Siswa Kelas IV SDN Krembung 1 Sidoarjo 

      Agnestria, Rizki; Satrijono, Hari; Yuliati, Nanik (UNEJ, 2015)
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan Strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing dengan membaca teknik terhadap hasil belajar membaca intensif siswa kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo. ...
    • PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TAHUN PELAJARAN 2010/2011 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 TAHUN PELAJARAN 2010/201 

      Arnawati (2014-01-20)
      Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa. Tanpa keterampilan membaca siswa sulit untuk menguasai mata pelajaran lainnya dengan baik. Oleh karena itu, membaca perlu mendapatkan ...
    • PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK DENGAN STRATEGI AKTIVITAS MEMBACA BERPIKIR TERBIMBING (AMBT) PADA SISWA KELAS V SDN KAMAL 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012 

      Dewi Permani Suci (2014-01-27)
      Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, rendahnya kemampuan membaca siswa kelas V di SDN Kamal 01 Jember disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: 1) cara mengajar guru yang kurang bervariasi dan tidak memotivasi siswa; ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository