• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK DENGAN STRATEGI AKTIVITAS MEMBACA BERPIKIR TERBIMBING (AMBT) PADA SISWA KELAS V SDN KAMAL 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    GDL (39)(1)processed_1.pdf (386.0Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    Dewi Permani Suci
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, rendahnya kemampuan membaca siswa kelas V di SDN Kamal 01 Jember disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: 1) cara mengajar guru yang kurang bervariasi dan tidak memotivasi siswa; 2) siswa sulit memahami isi bacaan; 3) mina baca siswa masih rendah serta menganggap pembelajaran membaca membosankan. Hasil tes menulis dalam ujian tengah semester menunjukkan bahwa banyak siswa yang masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah, yaitu 70. Dari 39 siswa, hanya 17 siswa (43,5%) dengan nilai ≥ 70 dan 22 siswa (56,5%) dengan nilai ≤ 70. Oleh karena itu, digunakan strategi yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa sekaligus di dalamnya terdapat penggunaan media yang mempermudah siswa dalam memahami isi bacaan. Strategi tersebut yaitu strategi aktivitas membaca berpikir terbimbing (AMBT). Strategi AMBT dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan penekanan pada cara membuat kesimpulan dari cerita. Untuk memberikan gambaran secara jelas mengenai arah penelitian, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut. (1) Bagaimanakah penerapan strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman cerita anak siswa kelas V SDN Kamal 01 tahun pelajaran 2011 / 2012? (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar membaca pemahaman cerita anak pada siswa kelas V SDN Kamal 01 tahun pelajaran 2011/2012 setelah menerapkan Strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk (1) untuk mendeskripsikan penerapan Strategi AMBT yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman cerita anak pada siswa kelas V SDN Kamal 01 tahun pelajaran 2011/2012. (2) untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman cerita anak dengan strategi AMBT pada siswa kelas V SDN Kamal 01 tahun pelajaran 2011/2012. Untuk memecahkan permasalahan di atas maka diadakan penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kamal 01 Jember yang berjumlah 39 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan proses analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi dan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes membaca siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman cerita anak dengan strategi AMBT mengalami peningkatan. Penerapan strategi AMBT dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan cara menekankan pada menjawab pertanyaan dan membuat kesimpulan dari bacaan. Hasil belajar siswa dibuktikan dengan pada tahap prasiklus, jumlah siswa yang tuntas hanya 17 siswa atau 48% dari keseluruhan jumlah siswa. Pada siklus I, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan nilai yaitu 29 siswa atau 74,4% dari keseluruhan jumlah siswa. Selanjutnya pada siklus II, ada 33 siswa atau sebesar 87,17% dari total 39 siswa telah mencapai ketuntasan nilai. Sisanya sebanyak 5 siswa atau 12,83% dari 39 siswa belum mencapai ketuntasan nilai. Saran dalam penelitian ini bagi guru adalah guru perlu meningkatkan perhatian dan bimbingan dalam kegiatan membaca, agar siswa termotivasi untuk membaca dengan sungguh-sungguh terutama sebagai model membaca bagi siswanya. Penekanan membaca pemahaman harus lebih menekankan pada kegiatan membuat kesimpulan dan mengaitkan dengan keterampilan berbahasa yang lain seperti menjelaskan cara menulis yang benar, menceritakan (berbicara) dengan suara yang jelas sehingga semua aspek keterampilan berbahasa tercapai dengan baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25409
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository