• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK

    Thumbnail
    View/Open
    FANDU DYANGGA PRADETA.pdf (367.9Kb)
    Date
    2014
    Author
    Fandu Dyangga Pradeta, Pradeta
    Nurul Umamah, Umamah
    Sumarno
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Paradigma baru dalam pembelajaran pada kurikulum 2013, mengharapkan pendidik mampu bersikap interaktif dalam proses pembelajaran sebagai fasilitator dan mediator bagi peserta didik. Tujuan pengembangan dari kurikulum 2013 adalah menciptakan peserta didik yang lebih kreatif, produktif, inovatif, afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Masalah yang terjadi dalam pengembangan pembelajaran sejarah yang diterapkan di kelas adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang sesuai. Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan pada umumnya masih menggunakan paradigma lama sebagai media penyampaian materi pembelajaran. Melihat dari kondisi yang terjadi, peserta didik cenderung pasif dan bosan dalam proses pembelajaran. Hal ini akan mempengaruhi rendahnya kreativitas dan hasil belajar peserta didik. Metode pembelajaran yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan rendahnya kreativitas dan hasil belajar peserta didik adalah menggunakan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah Indonesia menggunakan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing pada peserta didik kelas XI IPS 3 SMAN 1 Balung. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Agustus sampai bulan September 2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian kretivitas peserta didik secara klasikal pada pra siklus sebesar 51,71% meningkat 10.28% ke siklus 1 sebesar 57,03% dengan kategori kurang kreatif . Pada siklus 2 meningkat sebesar 9,31% menjadi 62,34% dengan kategori cukup kreatif . Pada siklus 3 meningkat 12,52% menjadi 70,15% dengan kategori kreatif. Pada peningkatan hasil belajar sejarah pada siklus 1 memperoleh persentase sebesar 59,37% meningkat 11,76% dari hasil belajar kogitif pra siklus sebesar 53,12%. Pada siklus 2 meningkat 21,05% menjadi 71,87% . Pada siklus 3 meningkat 21,74% menjadi 87,5%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan krreativitas dan hasil belajar sejarah pada peserta didik kelas XI IPS 3 SMAN 1 Balung
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63201
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository