| dc.description.abstract | Paradigma baru dalam pembelajaran pada kurikulum 2013, mengharapkan pendidik mampu bersikap interaktif
dalam  proses  pembelajaran  sebagai  fasilitator  dan  mediator  bagi  peserta  didik.  Tujuan  pengembangan  dari
kurikulum 2013 adalah menciptakan peserta didik yang lebih kreatif, produktif, inovatif, afektif melalui penguatan
sikap,  keterampilan,  dan  pengetahuan.  Masalah  yang  terjadi  dalam  pengembangan  pembelajaran  sejarah  yang
diterapkan  di  kelas  adalah  penggunaan  metode  pembelajaran  yang  kurang  sesuai.  Penggunaan  metode
pembelajaran yang diterapkan pada umumnya masih menggunakan paradigma lama sebagai media penyampaian
materi pembelajaran. Melihat dari kondisi yang terjadi, peserta didik cenderung pasif dan bosan dalam proses
pembelajaran.  Hal  ini  akan  mempengaruhi  rendahnya  kreativitas  dan  hasil  belajar  peserta  didik.  Metode
pembelajaran yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan rendahnya kreativitas dan hasil belajar peserta
didik adalah menggunakan metode pembelajaran  Active Knowledge Sharing.  Tujuan dari penelitian ini adalah
meningkatkan  kreativitas  dan  hasil  belajar  sejarah  Indonesia  menggunakan  metode  pembelajaran  Active
Knowledge Sharing  pada peserta didik kelas XI IPS 3 SMAN 1 Balung.   Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan
Agustus sampai bulan September 2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.   Hasil penelitian kretivitas
peserta didik secara klasikal pada  pra  siklus   sebesar 51,71%   meningkat 10.28%  ke siklus 1 sebesar 57,03%
dengan kategori kurang kreatif  . Pada siklus 2 meningkat sebesar  9,31% menjadi 62,34% dengan kategori cukup
kreatif  . Pada siklus 3 meningkat   12,52% menjadi 70,15% dengan kategori kreatif.  Pada  peningkatan   hasil  belajar
sejarah   pada  siklus  1  memperoleh persentase  sebesar 59,37% meningkat   11,76% dari  hasil  belajar  kogitif  pra
siklus  sebesar  53,12%. Pada  siklus  2 meningkat  21,05%  menjadi   71,87% .  Pada  siklus  3 meningkat 21,74%
menjadi  87,5%.  Berdasarkan  hal  tersebut  dapat  disimpulkan  bahwa  penerapan  metode  pembelajaran  Active
Knowledge Sharing  dapat meningkatkan krreativitas dan hasil belajar sejarah pada peserta didik kelas XI IPS 3
SMAN 1 Balung | en_US |