PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK
View/ Open
Date
2014Author
Fandu Dyangga Pradeta, Pradeta
Nurul Umamah, Umamah
Sumarno
Metadata
Show full item recordAbstract
Paradigma baru dalam pembelajaran pada kurikulum 2013, mengharapkan pendidik mampu bersikap interaktif
dalam proses pembelajaran sebagai fasilitator dan mediator bagi peserta didik. Tujuan pengembangan dari
kurikulum 2013 adalah menciptakan peserta didik yang lebih kreatif, produktif, inovatif, afektif melalui penguatan
sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Masalah yang terjadi dalam pengembangan pembelajaran sejarah yang
diterapkan di kelas adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang sesuai. Penggunaan metode
pembelajaran yang diterapkan pada umumnya masih menggunakan paradigma lama sebagai media penyampaian
materi pembelajaran. Melihat dari kondisi yang terjadi, peserta didik cenderung pasif dan bosan dalam proses
pembelajaran. Hal ini akan mempengaruhi rendahnya kreativitas dan hasil belajar peserta didik. Metode
pembelajaran yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan rendahnya kreativitas dan hasil belajar peserta
didik adalah menggunakan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing. Tujuan dari penelitian ini adalah
meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah Indonesia menggunakan metode pembelajaran Active
Knowledge Sharing pada peserta didik kelas XI IPS 3 SMAN 1 Balung. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan
Agustus sampai bulan September 2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian kretivitas
peserta didik secara klasikal pada pra siklus sebesar 51,71% meningkat 10.28% ke siklus 1 sebesar 57,03%
dengan kategori kurang kreatif . Pada siklus 2 meningkat sebesar 9,31% menjadi 62,34% dengan kategori cukup
kreatif . Pada siklus 3 meningkat 12,52% menjadi 70,15% dengan kategori kreatif. Pada peningkatan hasil belajar
sejarah pada siklus 1 memperoleh persentase sebesar 59,37% meningkat 11,76% dari hasil belajar kogitif pra
siklus sebesar 53,12%. Pada siklus 2 meningkat 21,05% menjadi 71,87% . Pada siklus 3 meningkat 21,74%
menjadi 87,5%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Active
Knowledge Sharing dapat meningkatkan krreativitas dan hasil belajar sejarah pada peserta didik kelas XI IPS 3
SMAN 1 Balung
Collections
- SRA-Education [1352]