dc.contributor.author | Ratna Kurniasari | |
dc.date.accessioned | 2015-02-16T01:25:02Z | |
dc.date.available | 2015-02-16T01:25:02Z | |
dc.date.issued | 2015-02-16 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61334 | |
dc.description.abstract | Faktor psikologis sangat mempengaruhi proses pembelajaran, salah
satunya adalah minat siswa. Apabila siswa berminat terhadap pelajaran fisika
maka siswa akan senang dan tidak bosan jika mempelajari fisika. Untuk
menumbuhkan minat siswa pada pelajaran fisika, maka dalam pembelajaran fisika
sebaiknya menggunakan metode eksperimen. Dengan adanya eksperimen fisika,
siswa akan dapat membuktikan teori-teori yang sudah ada. Hasil belajar siswa
melalui eksperimen fisika merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah
melakukan eksperimen fisika yang dilaksanakan di laboratorium fisika.
Sedangkan minat siswa masuk jurusan IPA adalah penempatan siswa pada bidang
studi IPA yang dilandasi dengan rasa senang tanpa paksaan dari orang lain.
Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah (1) adakah
hubungan antara hasil belajar siswa melalui eksperimen fisika dengan minat siswa
masuk jurusan IPA? (2) berapa prosentase hubungan antara basil belajar siswa
melalui eksperimen fisika dengan minat siswa masuk jurusan IPA?. Tujuan yang
ingin dicapai adalah (1) untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar siswa
melalui eksperimen fisika dengan minat siswa masuk jurusan IP A (2) untuk
mengetahui prosentase hubungan antara hasil belajar siswa melalui eksperimen
fisika dengan minat siswa masuk jurusan IP A. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
yaitu korelasi product moment dan rumus prosentase. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara hasil belajar siswa
melalui eksperimen fisika dengan minat siswa masuk jurusan IPA sebesar 0,526
dengan prosentase sebesar 96,746% yang artinya prosentasenya sangat baik.
Kesimpulan yang diperoleh adalah hasil belajar siswa melalui eksperimen fisika
mempengaruhi minat siswa masukjurusan IPA. | en_US |
dc.description.sponsorship | Universitas Jember | en_US |
dc.subject | HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR SISWA MELALUI EKSPERIMEN FISIKA KONSEP OPTIKA GEOMETRI DENGAN MINAT SISWA MASUK JURUSAN IPA | en_US |
dc.title | HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR SISWA MELALUI EKSPERIMEN FISIKA KONSEP OPTIKA GEOMETRI DENGAN MINAT SISWA MASUK. JURUSAN IPA (Stude Korelasi Siswa Kelas II4 Sampai II8 Cawu 3 dl SMU Negerl 2 Jember Tahun PelaJaran 2001/ 2002 ) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |