HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR SISWA MELALUI EKSPERIMEN FISIKA KONSEP OPTIKA GEOMETRI DENGAN MINAT SISWA MASUK. JURUSAN IPA (Stude Korelasi Siswa Kelas II4 Sampai II8 Cawu 3 dl SMU Negerl 2 Jember Tahun PelaJaran 2001/ 2002 )
Abstract
Faktor psikologis sangat mempengaruhi proses pembelajaran, salah
satunya adalah minat siswa. Apabila siswa berminat terhadap pelajaran fisika
maka siswa akan senang dan tidak bosan jika mempelajari fisika. Untuk
menumbuhkan minat siswa pada pelajaran fisika, maka dalam pembelajaran fisika
sebaiknya menggunakan metode eksperimen. Dengan adanya eksperimen fisika,
siswa akan dapat membuktikan teori-teori yang sudah ada. Hasil belajar siswa
melalui eksperimen fisika merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah
melakukan eksperimen fisika yang dilaksanakan di laboratorium fisika.
Sedangkan minat siswa masuk jurusan IPA adalah penempatan siswa pada bidang
studi IPA yang dilandasi dengan rasa senang tanpa paksaan dari orang lain.
Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah (1) adakah
hubungan antara hasil belajar siswa melalui eksperimen fisika dengan minat siswa
masuk jurusan IPA? (2) berapa prosentase hubungan antara basil belajar siswa
melalui eksperimen fisika dengan minat siswa masuk jurusan IPA?. Tujuan yang
ingin dicapai adalah (1) untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar siswa
melalui eksperimen fisika dengan minat siswa masuk jurusan IP A (2) untuk
mengetahui prosentase hubungan antara hasil belajar siswa melalui eksperimen
fisika dengan minat siswa masuk jurusan IP A. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
yaitu korelasi product moment dan rumus prosentase. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara hasil belajar siswa
melalui eksperimen fisika dengan minat siswa masuk jurusan IPA sebesar 0,526
dengan prosentase sebesar 96,746% yang artinya prosentasenya sangat baik.
Kesimpulan yang diperoleh adalah hasil belajar siswa melalui eksperimen fisika
mempengaruhi minat siswa masukjurusan IPA.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih sebatas pada buku teks dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember; dan meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar meliputi kegiatan apersepsi, menjelaskan materi, pengamatan, contoh cara membuat karangan deskripsi, latihan menulis karangan deskripsi, dan presentasi. Skor rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi siswa secara klasikal menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Pada siklus I persentase kemampuan menulis karangan deskripsi siswa sebesar 71,58% dan meningkat menjadi 78,84% pada siklus II.
Dwi Fitriyah; Suhartiningsih; Sihono (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih ... -
PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 )
Silvia Agustin (2013-07-30)Aktivitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji masih cukup memprihatinkan. Selain itu, pemahaman siswa pada mata pelajaran tersebut juga masih belum memenuhi standar yang ditetapkan ... -
PERBEDAAN PERILAKU EKONOMIS SISWA DALAM MELAKSANAKAN AKTIVITAS KONSUMSI ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN SISWA YANG TIDAK DI ASRAMA (Studi Kasus Pada Siswa SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun 2008/2009)
LUTFIAH ROHMATIN (2014-01-23)Perilaku ekonomis (khususnya dalam melaksanakan aktivitas konsumsi) perlu dimiliki oleh setiap orang, termasuk generasi muda utamanya pelajar/siswa. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi perilaku seseorang khususnya ...