PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN FISIKA (Studi Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasa Cahaya Pada Slswa Kelas II Cawu 2 SLTP Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 200112002)
Abstract
Dalam pembelajaran fisika masih sering ditemui beberapa kendala yaitu
guru kurang memperhatikan keadaan siswa dalam kelas, model pembelajaran
yang kurang cocok, kondisi kelas yang pasif termasuk juga media yang kurang
tepat. Lembar Kerja Siswa dalam model pembelajaran kooperatif merupakan
salah satu cara untuk mempermudah siswa menemukan dan memahami konsepkonsep
fisika dengan mengaktifkan siswa untuk menyelesaikan soal-soal fisika
dalam LKS, dimana soal-soal tersebut didiskusikan bersama dengan temannya
dalam satu kelompok. Dari gambaran tersebut, maka timbullah rumusan masalah
yaitu (1) Adakah perbedaan yang signifikan antara hasil bela jar siswa sebelum
dan sesudah pembelajaran fisika dengan menggunakan LKS dalam model
pembelajaran kooperatif? (2) Seberapa besar efektifitas penggunaan LKS dalam
model pembelajaran kooperatif? Tujuan yang ingin diperoleh yaitu (1) untuk
mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika
sebelum dan sesudah pembelajaran fisika dengan menggunakan LKS dalam
model pembelajaran kooperatif (2) untuk mengetahui seberapa besar efektifitas
penggunaan LKS dalam model pembelajaran kooperatif Metode penentuan
responden dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data
menggunakan metode dokumentasi, observasi, wawancara dan tes.Dari hasil analisa data didapatkan harga thitung = 12,663, dimana harga ttabcl = 2,02
( db=40). Sedangkan untuk efektifitas diperoleh 11 = 50,04 % dengan kriteria
efektif. Sehingga dapat disimpulkan (1) Ada perbedaan yang signitikan antara
hasil belajar fisika siswa sebelum dan sesudah pembelajaran fisika dengan
menggunakan Lembar Kerja Siswa dalam model kooperatif (2) Penggunaan
Lembar Kerja Siswa dalam model pembelajaran kooperatif efektif digunakan
dalam pembelajaran fisika.
Collections
- UT-Faculty of Law [6243]