• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN FISIKA (Studi Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasa Cahaya Pada Slswa Kelas II Cawu 2 SLTP Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 200112002)

    Thumbnail
    View/Open
    Arini hidayati_irh.pdf (1.747Mb)
    Date
    2015-02-09
    Author
    Arini Hidayati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam pembelajaran fisika masih sering ditemui beberapa kendala yaitu guru kurang memperhatikan keadaan siswa dalam kelas, model pembelajaran yang kurang cocok, kondisi kelas yang pasif termasuk juga media yang kurang tepat. Lembar Kerja Siswa dalam model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu cara untuk mempermudah siswa menemukan dan memahami konsepkonsep fisika dengan mengaktifkan siswa untuk menyelesaikan soal-soal fisika dalam LKS, dimana soal-soal tersebut didiskusikan bersama dengan temannya dalam satu kelompok. Dari gambaran tersebut, maka timbullah rumusan masalah yaitu (1) Adakah perbedaan yang signifikan antara hasil bela jar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran fisika dengan menggunakan LKS dalam model pembelajaran kooperatif? (2) Seberapa besar efektifitas penggunaan LKS dalam model pembelajaran kooperatif? Tujuan yang ingin diperoleh yaitu (1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika sebelum dan sesudah pembelajaran fisika dengan menggunakan LKS dalam model pembelajaran kooperatif (2) untuk mengetahui seberapa besar efektifitas penggunaan LKS dalam model pembelajaran kooperatif Metode penentuan responden dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, wawancara dan tes.Dari hasil analisa data didapatkan harga thitung = 12,663, dimana harga ttabcl = 2,02 ( db=40). Sedangkan untuk efektifitas diperoleh 11 = 50,04 % dengan kriteria efektif. Sehingga dapat disimpulkan (1) Ada perbedaan yang signitikan antara hasil belajar fisika siswa sebelum dan sesudah pembelajaran fisika dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa dalam model kooperatif (2) Penggunaan Lembar Kerja Siswa dalam model pembelajaran kooperatif efektif digunakan dalam pembelajaran fisika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61304
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6315]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository