dc.contributor.author | Sofa Zulis Triana | |
dc.date.accessioned | 2015-02-05T01:34:17Z | |
dc.date.available | 2015-02-05T01:34:17Z | |
dc.date.issued | 2015-02-05 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61267 | |
dc.description.abstract | Permasahan yang dikaji adalah: 1) apakah ada perbedaan hasil
belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional
disertai metode simulasi dan yang diajarkan dengan menggunakan
metode konvensional pada siswa kelas I Cawu Ill MAN 2 Ponorogo pokok
bahasan getaran dan gelombang; 2) manakah yang lebih efektif antara
pembelajaran fisika dengan metode konvensional disertai metode
simulasi dan metode konvensional pada siswa kelas 1 Cawu Ill MAN 2
Ponorogo pokok bahasan getaran dan gelombang.Setelah penelitian ini
terlaksana, diharapkan tujuan penelitian dapat terwujud yaitu:
1) ingin mengetahui perbedaan hasil bela jar fisika pada siswa yang
diajarkan dengan menggunakan metode konvensional disertai metode
simulasi pada kelas eksperimen dan yang diajarkan dengan
menggunakan metode konvensional pada kelas kontrol; 2) ingin
mengetahui manakah yang lebih efektif antara pembelajaran fisika dengan
metode konvensional disertai metode simulasi dan metode konvensional
pada siswa kelas I Cawu Ill MAN 2 Ponorogo pokok bahasan getaran dan
gelombang. Penentuan daerah penelitian ditetapkan di MAN 2 Ponorogo
pada dua kelas yang diambil secara acak. Metode yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah metode observasi, dokumentasi, interviu, dan
tes.Hasil analisis data penggunaan metode konvensional disertai metode
simulasi diperoleh bahwa t test sebesar 6,77. Setelah dikonsultasikan
dengan t tabel diperoleh harga sebesar 1,65 dengan db = 96 pada taraf signifrkansi 5%. Dengan hasil belajar fisika metode konvensional disertai
metode simulasi dan hasil belajar fisika dengan metode konvensional
saja. Prosentase efektifrtas dari metode pebelajaran ini sebesar 14,95%.
Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran frsika dengan metode
konvensional desrtai metode simulasi lebih efektif dibandingkan dengan
metode konvensional. | en_US |
dc.description.sponsorship | Universitas Jember | en_US |
dc.subject | METODE KONVENSIONAL DISERTAI METODE SIMULASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SEBAGAI PEMBANDING HASIL BELAJAR SISVVA DENGAN METODE KONVENSIONAL | en_US |
dc.title | METODE KONVENSIONAL DISERTAI METODE SIMULASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SEBAGAI PEMBANDING HASIL BELAJAR SISVVA DENGAN METODE KONVENSIONAL (Studt Kom paratlf Pada Siswa Kelas I Cawu Ill Pokok Bahasan Getaran dan Gelombanc dl MAN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 1999/2000 ) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |