KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP FLUIDA BERGERAK SISWA SMU (Studi Deskriptif Pada Siswa SMU Mohammadiyah 3 J ember Kelas II Tahun Ajaran 1999/1000)
Abstract
Kesalahan pemahaman konsep fisika adalah kesalahan siswa
dalam memahami konsep fisika setelah pembelajaran fisika. Ketika siswa
memasuki pelajaran fisika tidak dengan pemikiran kosong yang dapat diisi
pengetahuan fisika, di sisi lain pemiklran siswa sudah terisi pengalaman
dan pengetahuan yang berhubungan dengan fisika. Setelah siswa
mendapatkan pelajaran konsep baru di kelas, maka terbentuklah intuisi
dan teori siswa mengenai peristiwa-peristiwa fisika dalam kehidupan
sehari-hari. lntuisi siswa yang keliru setelah proses pembelajaran inilah
disebut kesalahan pemahaman siswa pada konsep fisika. Permasalahan
yang diajukan dalam penelitian adalah seberapa besar tingkat persentase
kesalahan pemahaman siswa pada konsep fluida bergerak. Tujuan
penelitian adalah untuk mengkaji besamya persentase kesalahan
pemahaman siswa SMU Muhammadiyah 3 Jember kelas II tahun ajaran
1 999/2000 pad a konsep fluid a bergerak. Penelitian ini dilaksanakan
dengan teknik tes dan teknii< wawancara. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa besarnya persentase kesalahan pemahaman siswa kelas II SMU
Muhammadiyah 3 Jember sebesar 20,89% yaitu siswa yang mengalami
kesalahan pemahaman konsep Kontinuitas dan Bernoulli. Dari hasil
penelitian dapat diperoleh gambaran jelas tentang siswa yang mengalami
kesalahan pemahaman konsep, sehingga guru bidang studi fisika dapat
mempertimbangkan dan memiklrkan metode mengajar yang tepat dalam
menanamkan konsep fisika yang benar.
Collections
- UT-Faculty of Law [6243]