Show simple item record

dc.contributor.authorErjanti Fitri
dc.date.accessioned2015-02-04T01:41:04Z
dc.date.available2015-02-04T01:41:04Z
dc.date.issued2015-02-04
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61241
dc.description.abstractKesalahan pemahaman konsep fisika adalah kesalahan siswa dalam memahami konsep fisika setelah pembelajaran fisika. Ketika siswa memasuki pelajaran fisika tidak dengan pemikiran kosong yang dapat diisi pengetahuan fisika, di sisi lain pemiklran siswa sudah terisi pengalaman dan pengetahuan yang berhubungan dengan fisika. Setelah siswa mendapatkan pelajaran konsep baru di kelas, maka terbentuklah intuisi dan teori siswa mengenai peristiwa-peristiwa fisika dalam kehidupan sehari-hari. lntuisi siswa yang keliru setelah proses pembelajaran inilah disebut kesalahan pemahaman siswa pada konsep fisika. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian adalah seberapa besar tingkat persentase kesalahan pemahaman siswa pada konsep fluida bergerak. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji besamya persentase kesalahan pemahaman siswa SMU Muhammadiyah 3 Jember kelas II tahun ajaran 1 999/2000 pad a konsep fluid a bergerak. Penelitian ini dilaksanakan dengan teknik tes dan teknii< wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya persentase kesalahan pemahaman siswa kelas II SMU Muhammadiyah 3 Jember sebesar 20,89% yaitu siswa yang mengalami kesalahan pemahaman konsep Kontinuitas dan Bernoulli. Dari hasil penelitian dapat diperoleh gambaran jelas tentang siswa yang mengalami kesalahan pemahaman konsep, sehingga guru bidang studi fisika dapat mempertimbangkan dan memiklrkan metode mengajar yang tepat dalam menanamkan konsep fisika yang benar.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectKESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP FLUIDA BERGERAK SISWA SMUen_US
dc.titleKESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP FLUIDA BERGERAK SISWA SMU (Studi Deskriptif Pada Siswa SMU Mohammadiyah 3 J ember Kelas II Tahun Ajaran 1999/1000)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record