• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP FLUIDA BERGERAK SISWA SMU (Studi Deskriptif Pada Siswa SMU Mohammadiyah 3 J ember Kelas II Tahun Ajaran 1999/1000)

    Thumbnail
    View/Open
    Erjanti fitri_irh.pdf (1.270Mb)
    Date
    2015-02-04
    Author
    Erjanti Fitri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kesalahan pemahaman konsep fisika adalah kesalahan siswa dalam memahami konsep fisika setelah pembelajaran fisika. Ketika siswa memasuki pelajaran fisika tidak dengan pemikiran kosong yang dapat diisi pengetahuan fisika, di sisi lain pemiklran siswa sudah terisi pengalaman dan pengetahuan yang berhubungan dengan fisika. Setelah siswa mendapatkan pelajaran konsep baru di kelas, maka terbentuklah intuisi dan teori siswa mengenai peristiwa-peristiwa fisika dalam kehidupan sehari-hari. lntuisi siswa yang keliru setelah proses pembelajaran inilah disebut kesalahan pemahaman siswa pada konsep fisika. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian adalah seberapa besar tingkat persentase kesalahan pemahaman siswa pada konsep fluida bergerak. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji besamya persentase kesalahan pemahaman siswa SMU Muhammadiyah 3 Jember kelas II tahun ajaran 1 999/2000 pad a konsep fluid a bergerak. Penelitian ini dilaksanakan dengan teknik tes dan teknii< wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya persentase kesalahan pemahaman siswa kelas II SMU Muhammadiyah 3 Jember sebesar 20,89% yaitu siswa yang mengalami kesalahan pemahaman konsep Kontinuitas dan Bernoulli. Dari hasil penelitian dapat diperoleh gambaran jelas tentang siswa yang mengalami kesalahan pemahaman konsep, sehingga guru bidang studi fisika dapat mempertimbangkan dan memiklrkan metode mengajar yang tepat dalam menanamkan konsep fisika yang benar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61241
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6315]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository