APLIKASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMEN (QFD) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SOHUN (STUDI KASUS DI UD KARYA MAKMUR SITUBONDO)
Abstract
Sohun merupakan suatu bahan makanan kering yang dibuat dari pati sagu
dengan bentuk khas dan merupakan bahan komplementer. Salah satu perusahaan
yang memproduksi sohun adalah UD Karya Makmur yaitu dengan merek sohun
“Bintang Mangkok”. Produk tersebut memiliki tingkat persaingan yang tinggi dengan
produk sejenis lainnya, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan
peningkatan performansi atribut mutu produk yang dihasilkan, yaitu menggunakan
metode QFD. Metode ini dapat mendefinisikan kebutuhan pelanggan dan
mengevaluasi kemampuan produk secara sistematik. Namun bagaimana metode QFD
diterapkan pada industri sohun belum banyak informasi. Untuk itu, perlu adanya
penelitian terhadap keinginan konsumen dalam upaya meningkatkan kualitas produk
sohun dengan metode QFD. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengidentifikasi
atribut kualitas sohun berdasarkan keinginan konsumen, (2) menilai kemampuan
perusahaan dalam memenuhi harapan tertinggi konsumen, (3) mengidentifikasi
persyaratan teknis yang harus dipenuhi oleh produsen untuk menghasilkan produk
yang diharapkan konsumen, (4) merumuskan strategi peningkatan kualitas sohun
Bintang Mangkok.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode QFD dan analisis
tulang ikan sebagai strategi peningkatan kualitas. Produk utama adalah sohun Bintang
Mangkok yang dihasilkan oleh UD Karya Makmur, produk pesaing yang digunakan
adalah Sohun Guci, Sewelas, dan Ikan (yaitu sohun yang beredar di Situbondo).
Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi
literatur. Untuk metode wawancara menggunakan kuesioner dengan jumlah 44
ix
responden purposif dan 70 responden masyarakat Situbondo. Teknik sampling yang
digunakan adalah non probability sampling dengan convenience sampling. Hasil
analisis dengan menggunakan QFD disajikan dalam rumah mutu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut mutu untuk sohun berdasarkan
kebutuhan konsumen meliputi: harga, kerapuhan, ketebalan, kekenyalan, warna, dan
kemasan. Hasil analisis pada rumah mutu sohun Bintang Mangkok lebih unggul
dalam performansi harga dan warna, namun kurang unggul untuk atribut kekenyalan,
kerapuhan, ketebalan dan kemasan dibandingkan pesaingnya. Strategi untuk
pengembangan sohun Bintang Mangkok dapat dilakukan dengan perbaikan proses
pembuburan dan pengemasan.