Search
Now showing items 1-9 of 9
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih sebatas pada buku teks dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember; dan meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar meliputi kegiatan apersepsi, menjelaskan materi, pengamatan, contoh cara membuat karangan deskripsi, latihan menulis karangan deskripsi, dan presentasi. Skor rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi siswa secara klasikal menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Pada siklus I persentase kemampuan menulis karangan deskripsi siswa sebesar 71,58% dan meningkat menjadi 78,84% pada siklus II.
(UNEJ, 2016)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih ...
Beda Pengaruh Penerapan Pendekatan Whole Language tipe Journal Writing dan Metode Ceramah terhadap Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Siswa Kelas IV SDN Patrang 01 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015
(UNEJ, 2016)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis narasi ekspositoris yang dimiliki siswa kelas IV di SDN Patrang 01 Jember. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa adalah dengan ...
Pengaruh Pengggunaan Media Poster terhadap Kemampuan Menullis Puisi pada Siswa Kelas III SDN Ajung 01 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
(UNEJ, 2016)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pengaruh positif signifikan pada penggunaan media poster terhadap Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas III SDN Ajung 01 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Bahasa ...
Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Strategi Belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa Kelas V SDN Kebonsari 03 Jember
(UNEJ, 2016)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kurangnya konsentrasi siswa dalam proses ...
Campur Kode dalam Majalah “Wonder Teen”
(UNEJ, 2016)
Campur kode adalah peristiwa terjadinya percampuran lebih dari satu bahasa dalam suatu peristiwa tutur. Campur kode dalam majalah Wonder Teen merupakan peristiwa campur kode dalam bentuk tulisan. Sehubungan ini, penelitian ...
Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Kemampuan Membaca Sekilas Siswa Kelas VA SDN Karangrejo 03 Jember
(UNEJ, 2016)
Kurangnya motivasi dalam diri siswa dan ketergantungan pada buku teks menjadi penyebab rendahnya kemampuan membaca dan memahami isi bacaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia disekolah dasar. Media video merupakan salah ...
Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Berdasarkan Lagu Anak-anak Pada Siswa Kelas III SDN 9 Barurejo Siliragung Banyuwangi
(UNEJ, 2016)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis karangan siswa kelas III SDN 9 Barurejo Siliragung Banyuwangi pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan siswa belum mampu mengembangkan ...
Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Strategi Picture and Picture Kelas IV SDN Gebang 04 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
(UNEJ, 2016)
Strategi picture and picture merupakan strategi pembelajaran yang menggunakan gambar dalam proses pembelajaran yaitu dengan cara memasangkan/mengurutkan, mengidentifikasi gambar-gambar menjadi urutan yang logis. Strategi ...
PENERAPAN METODE CURAH PENDAPAT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENANGGAPI PERISTIWA PADA SISWA KELAS V SDN KEBONSARI 03 JEMBER
(UNEJ, 2016)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan siswa belum dibiasakan untuk aktif menyampaikan ...