Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Strategi Belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa Kelas V SDN Kebonsari 03 Jember
View/ Open
Date
2016Author
Farida Roudlotul Jannah
Suhartiningsih
Hari Satrijono
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kurangnya konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran membaca. Penelitian ini bertujuan menelaah penerapan strategi belajar PQ4R, serta meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 33 siswa, yang terdiri atas 22 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian penerapan strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember. Hal tersebut terlihat pada skor klasikal kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum diterapkan strategi belajar PQ4R mengalami peningkatan sebesar 20,69% dari 54,27 pada prasiklus menjadi 65,50 pada siklus 1. Kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus 2 juga mengalami peningkatan sebesar 11,54% dari 65,50 pada siklus 1 menjadi 73,06 pada siklus 2. Berdasarkan pembahasan tersebut menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman menggunakan strategi belajar PQ4R semakin baik.
Collections
- SRA-Education [1352]