• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Strategi Belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa Kelas V SDN Kebonsari 03 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    FARIDA ROUDLOTUL JANNAH.odt (426.3Kb)
    Date
    2016
    Author
    Farida Roudlotul Jannah
    Suhartiningsih
    Hari Satrijono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kurangnya konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran membaca. Penelitian ini bertujuan menelaah penerapan strategi belajar PQ4R, serta meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 33 siswa, yang terdiri atas 22 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian penerapan strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember. Hal tersebut terlihat pada skor klasikal kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum diterapkan strategi belajar PQ4R mengalami peningkatan sebesar 20,69% dari 54,27 pada prasiklus menjadi 65,50 pada siklus 1. Kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus 2 juga mengalami peningkatan sebesar 11,54% dari 65,50 pada siklus 1 menjadi 73,06 pada siklus 2. Berdasarkan pembahasan tersebut menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman menggunakan strategi belajar PQ4R semakin baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75079
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository