Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Berdasarkan Lagu Anak-anak Pada Siswa Kelas III SDN 9 Barurejo Siliragung Banyuwangi
View/ Open
Date
2016Author
Lika Intan Riskiani
Suhartiningsih
Khutobah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis karangan siswa kelas III SDN 9 Barurejo Siliragung Banyuwangi pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan siswa belum mampu mengembangkan ide karangan dengan memilih kosakata yang benar, menggunakan ejaan, huruf kapital serta tanda baca baca yang tepat, menentukan topik dan judul karangan, penguasaan isi karangan sesuai dengan topik, dan cara menyusun karangan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan langkah-langkah media lagu anak-anak yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan serta untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas III SDN 9 Barurejo, Siliragung Banyuwangi setelah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan media lagu anak-anak. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis karangan siswa mengalami peningkatan, dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa prasilkus (60,46), pada siklus 1 mengalami peningkatan yaitu menjadi (65,57) sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan yaitu menjadi (74,8). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media lagu anak-anak dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa.
Collections
- SRA-Education [1352]