Beda Pengaruh Penerapan Pendekatan Whole Language tipe Journal Writing dan Metode Ceramah terhadap Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Siswa Kelas IV SDN Patrang 01 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis narasi ekspositoris yang dimiliki siswa kelas IV di SDN Patrang 01 Jember. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa adalah dengan menerapkan pendekatan Whole Language tipe Journal Writing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah beda pengaruh penerapan pendekatan Whole Language tipe Journal Writing dan metode ceramah terhadap keterampilan menulis narasi ekspositori siswa kelas IV SDN Patrang 01 Jember. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen Semu dengan desain Nonequivalent Control Group. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Patrang 01 Jember dengan jumlah 64 siswa. Kelas IVB sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas IVA sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Uji homogenitas diperoleh dari nilai Ulangan Harian. Kondisi dari kedua kelas dinyatakan homogen dengan nilai t0 < ttabel (0,25 < 1,998) dengan db = 66 pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan ttest. Hasil ttest > ttabel (3,198 > 1,998) dengan db = 66 pada taraf signifikansi 5%, sedangkan perhitungan keefektifan relatif sebesar 11,15%. Kesimpulan dari penelitian ini ada beda pengaruh penerapan pendekatan Whole Language tipe Journal Writing dan metode ceramah terhadap keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas IV SDN Patrang 01 Jember. Kelompok yang diajar dengan menerapkan pendekatan Whole Language tipe Journal Writing keterampilan menulis narasi ekspositorisnya 11,15% lebih baik dibandingkan dengan kelompok yang diajar dengan menerapkan metode ceramah.
Collections
- SRA-Education [1352]