• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agricultural Technology
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agricultural Technology
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Uji Kesukaan (Preferensi) Konsumen Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember Terhadap Suwar – Suwir (Studi Kasus Pada Suwar – Suwir “Rama” Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-grey-2008-rizkyoctav_1.pdf (138.7Kb)
    Date
    2014-01-15
    Author
    Rizky Octavia Rachmayanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Semakin banyaknya keanekaragaman (diversifikasi) makanan olahan, maka persaingan produk semakin meningkat. Oleh karena itu, produsen dituntut harus dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Sebagai ilustrasi, salah satu jenis makanan olahan ubi kayu yang saat ini banyak berkembang dan dikenal terutama dikalangan masyarakat Jember adalah suwar-suwir, yang merupakan produk makanan ringan khas Jember. Data menunjukkan perkembangan produk olahan makanan suwar – suwir dalam lima tahun mengalami peningkatan. Menurut Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Penanaman Modal Kabupaten Jember (Tahun 2004) terlihat bahwa pada tahun 2000 jumlah produsen suwar – suwir terdapat 8 perusahaan dengan omzet mencapai 495 juta /tahun . Dalam kurun lima tahun kemudian omzet mencapai 2,574 Milyar/ tahun dengan jumlah produsen 26 dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 104 tenaga kerja. Hal ini membuat peneliti ingin mengetahui kesukaan konsumen dengan uji kesukaan (preferensi) terhadap produk suwar-suwir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesukaan (preferensi) konsumen mahasiswa terhadap produk suwar-suwir pada berbagai atribut (warna, aroma, rasa, tekstur, keseluruhan). Dengan menggunakan Metode Rancangan Kelompok Acak Lengkap ( RKAL / RAKL ) dengan tiga kali ulangan pada masing-masing perlakuan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa semua merek produk suwar-suwir yang diujikan memberikan pengaruh yang berbeda nyata dan signifikan pada setiap parameter pengamatan. Hal ini didasarkan dengan lebih besarnya nilai F hitung bila dibandingkan dengan nilai F taraf 1%. Pada nilai F hitung tabel xvi baik pada probabilitas 5% maupun atribut produk, yaitu warna (290,699), tekstur (84,631), rasa (28,071), aroma (72,737) dan keseluruhan (45,780) jika dibandingkan dengan nilai F tabel 5% (3,838) nilai F 1% (7,006). Dan pada perbandingan tingkat kesukaan (preferensi) konsumen nilai tertinggi dicapai merek Madonna pada pengamatan warna dan aroma sedangkan pada urutan kedua dicapai oleh produk suwar-suwir “Rama”, sedangkan pada pengamatan tekstur, rasa dan keseluruhan produk suwar-suwir “Rama berada pada urutan pertama. Pengaruh masing-masing atribut produk, yaitu meliputi warna, tekstur, rasa, aroma dan keseluruhan pada berbagai merek suwar-suwir adalah nyata dan signifikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14657
    Collections
    • UT-Faculty of Agricultural Technology [2752]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository