• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Adopsi dan Penerimaan Teknologi E-learning pada Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus: SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik)

    Thumbnail
    View/Open
    Dhiya Ulhaq Brilianty Mohamad_202410101136 (1.570Mb)
    Date
    2025-01
    Author
    MOHAMAD, Dhiya Ulhaq Brilianty
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan teknologi informasi, khususnya dengan meningkatnya akses internet di Indonesia, memberikan peluang besar bagi penerapan pembelajaran online yang lebih inovatif dan dapat diakses oleh generasi muda. E-learning menawarkan solusi untuk mengatasi keterbatasan pembelajaran tradisional dan menyediakan kesempatan belajar yang lebih luas bagi siswa. Keberhasilan implementasi e-learning di tingkat sekolah menengah sangat bergantung pada kecocokan teknologi dengan kebutuhan dan nilai siswa, serta kemampuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Penelitian ini akan mengintegrasikan model TAM, social influence dan facilitating condition dari UTAUT, dengan variabel tambahan perceived mobility value dan perceived enjoyment (Pratama, 2021), computer self-efficacy (Martínez-Gómez et al., 2022), dan variabel moderasi experience dan gender (Sulaymani et al., 2022). Penelitian ini mengusulkan model adopsi e-learning yang menggabungkan berbagai teori, dengan tujuan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi teknologi ini, serta memberikan panduan untuk implementasi yang lebih efektif di tingkat sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menguji model dan hipotesis melalui penyebaran kuesioner online kepada siswa SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik, pengguna E-learning Virtual Class SMAM10. Dari populasi sebanyak 501 siswa, jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin (Persamaan 1), menghasilkan 223 responden. Selanjutnya, teknik stratified random sampling diterapkan untuk memastikan setiap subpopulasi terwakili secara proporsional (Persamaan 2). Analisis dilakukan melalui uji instrumen, uji model fit, analisis model struktural, dan pengujian variabel moderasi. Pengujian instrumen mencakup uji validitas dan reliabilitas untuk memastikan keabsahan dan konsistensi alat ukur. Validitas diuji melalui convergent validity (Outer loading dan AVE) dan discriminant validity (Cross loading dan akar kuadrat AVE Fornell-Larcker). Reliabilitas diuji dengan Composite Reliability dan Cronbach’s Alpha. Uji model fit mengevaluasi kesesuaian model penelitian dengan data empiris menggunakan parameter SRMR dan GoF. Analisis model struktural melibatkan p-value, original sample (O), dan effect size. Analisis pengaruh variabel moderasi menggunakan Multigroup Analysis (MGA) dilakukan untuk menilai dampak variabel moderasi terhadap hubungan independen-dependen, dengan memperhatikan path coefficient dan signifikansi (p-value < 0,05). Hasil uji model fit menunjukkan bahwa nilai SRMR 0.066 dan GoF 0.534, yang menunjukkan bahwa model ini cocok dengan data yang diperoleh. Dari 28 hipotesis yang diuji, 15 diterima dan 13 ditolak. Facilitating Conditions dan Perceived Enjoyment berperan signifikan dalam membentuk sikap dan niat siswa, sementara Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, dan Computer SelfEfficacy mempengaruhi sikap, niat, dan penggunaan nyata Virtual Class SMAM10 oleh siswa, dengan Behavioral Intention sebagai prediktor utama untuk penggunaan sistem. Temuan ini memberikan wawasan penting mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e-learning di kalangan siswa dan model yang mengintegrasikan faktor-faktor signifikan, sehingga dapat menjadi acuan efektif dalam memfasilitasi keberhasilan adopsi teknologi baru di tingkat sekolah menengah atas.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128710
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1085]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository