Show simple item record

dc.contributor.authorMOHAMAD, Dhiya Ulhaq Brilianty
dc.date.accessioned2025-11-20T07:21:46Z
dc.date.available2025-11-20T07:21:46Z
dc.date.issued2025-01
dc.identifier.nim202410101136en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128710
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 20 November 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPerkembangan teknologi informasi, khususnya dengan meningkatnya akses internet di Indonesia, memberikan peluang besar bagi penerapan pembelajaran online yang lebih inovatif dan dapat diakses oleh generasi muda. E-learning menawarkan solusi untuk mengatasi keterbatasan pembelajaran tradisional dan menyediakan kesempatan belajar yang lebih luas bagi siswa. Keberhasilan implementasi e-learning di tingkat sekolah menengah sangat bergantung pada kecocokan teknologi dengan kebutuhan dan nilai siswa, serta kemampuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Penelitian ini akan mengintegrasikan model TAM, social influence dan facilitating condition dari UTAUT, dengan variabel tambahan perceived mobility value dan perceived enjoyment (Pratama, 2021), computer self-efficacy (Martínez-Gómez et al., 2022), dan variabel moderasi experience dan gender (Sulaymani et al., 2022). Penelitian ini mengusulkan model adopsi e-learning yang menggabungkan berbagai teori, dengan tujuan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi teknologi ini, serta memberikan panduan untuk implementasi yang lebih efektif di tingkat sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menguji model dan hipotesis melalui penyebaran kuesioner online kepada siswa SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik, pengguna E-learning Virtual Class SMAM10. Dari populasi sebanyak 501 siswa, jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin (Persamaan 1), menghasilkan 223 responden. Selanjutnya, teknik stratified random sampling diterapkan untuk memastikan setiap subpopulasi terwakili secara proporsional (Persamaan 2). Analisis dilakukan melalui uji instrumen, uji model fit, analisis model struktural, dan pengujian variabel moderasi. Pengujian instrumen mencakup uji validitas dan reliabilitas untuk memastikan keabsahan dan konsistensi alat ukur. Validitas diuji melalui convergent validity (Outer loading dan AVE) dan discriminant validity (Cross loading dan akar kuadrat AVE Fornell-Larcker). Reliabilitas diuji dengan Composite Reliability dan Cronbach’s Alpha. Uji model fit mengevaluasi kesesuaian model penelitian dengan data empiris menggunakan parameter SRMR dan GoF. Analisis model struktural melibatkan p-value, original sample (O), dan effect size. Analisis pengaruh variabel moderasi menggunakan Multigroup Analysis (MGA) dilakukan untuk menilai dampak variabel moderasi terhadap hubungan independen-dependen, dengan memperhatikan path coefficient dan signifikansi (p-value < 0,05). Hasil uji model fit menunjukkan bahwa nilai SRMR 0.066 dan GoF 0.534, yang menunjukkan bahwa model ini cocok dengan data yang diperoleh. Dari 28 hipotesis yang diuji, 15 diterima dan 13 ditolak. Facilitating Conditions dan Perceived Enjoyment berperan signifikan dalam membentuk sikap dan niat siswa, sementara Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, dan Computer SelfEfficacy mempengaruhi sikap, niat, dan penggunaan nyata Virtual Class SMAM10 oleh siswa, dengan Behavioral Intention sebagai prediktor utama untuk penggunaan sistem. Temuan ini memberikan wawasan penting mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e-learning di kalangan siswa dan model yang mengintegrasikan faktor-faktor signifikan, sehingga dapat menjadi acuan efektif dalam memfasilitasi keberhasilan adopsi teknologi baru di tingkat sekolah menengah atas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectE-learning adoption modelen_US
dc.subjectTechnology Acceptance Modelen_US
dc.subjectModerating Variabelen_US
dc.subjectgender and experienceen_US
dc.subjectHigh School Studentsen_US
dc.titlePengembangan Model Adopsi dan Penerimaan Teknologi E-learning pada Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus: SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSistem Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Beny Prasetyo, S.Kom., M.Komen_US
dc.identifier.pembimbing2Fahrobby Adnan, S.Kom., M.MSIen_US
dc.identifier.validatorrevaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record