Strategi Pemasaran Kedelai Impor di Primkopti Karya Mulya
Abstract
Koperasi PRIMKOPTI Karya Mulya yang terletak di Desa Sepande Kabupaten Sidoarjo merupakan koperasi yang bergerak dibidang penyaluran kedelai impor, karena disekitar wilayah tersebut banyak pengrajin tahu dan tempe, menjadikaanya peluang yang besar namun juga sebagai ancaman karena banyak masyarakat yang mendirikan toko penjualan kedelai sendiri dengan penawaran harga yang lebih murah, sehingga perlu dilakukan analisis pengembangan pemasaran untuk mempertahankan keberadaan koperasi. Analisis yang dilakukan adalah analisis SWOT dengan tujuan untuk mengetahui strategi pengembangan pemasaran yang dapat diterapkan di koperasi. Penentuan lokasi penelitian dengan menggunakan purposive method yang mengambil di Koperasi PRIMKOPTI Karya Mulya dengan pengambilan sampel sebanyak 5 orang yang terdiri dari pengurus, anggota dan non anggota koperasi yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai IFAS yang didapatkan adalah 2,60 dan nilai EFAS yang didapatkan adalah 2,24 yang menandakan koperasi berada di posisi white area pada matriks posisi kompetitif relatif dan berada kuadran V di matriks IE yang berarti strategi yang dapat diambil adalah strategi agresif. Sehingga pada matriks SWOT alternatif strategi yang dapat diterapkan adalah S-O dengan mempertahankan fasilitas dan pelayanan koperasi dan juga kualitas produk kedelai impor, mengikuti pelatihan-pelatihan yang terkait tentang pengembangan pemasaran produk kedelai impor dan melakukan inovasi pemasaran dengan pemberian reward kepada anggota.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4484]