Aplikasi Metode Quality Function Deployment (Qfd) Untuk Peningkatan Kualitas Produk Edamame Crispy (Studi Kasus PT. Mitratani Dua Tujuh)
Abstract
PT. Mitratani Dua Tujuh merupakan perusahaan yang salah satu fokus
produksinya adalah edamame. Edamame memiliki berbagai macam olahan produk
salah satunya adalah Edamame Crispy. Produk ini memiliki peluang komersial
yang cukup baik, karena memiliki daya tahan yang lebih lama, praktis, dan
ekonomis. Dibandingkan dengan produk pesaing, produk PT. Mitratani Dua Tujuh
lebih ekonomis di pasaran baik penjualan lokal maupun online shop. Produk yang
baru dikembangkan pada tahun 2022 ini masih terdapat keluhan kualitas dan
mendapatkan kepuasan yang rendah dari konsumen jika dibandingkan dengan
produk pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan kualitas
produk. Metode Quality Function Deployment digunakan untuk melakukan
evaluasi perbaikan menurut kebutuhan konsumen. Alat utama dalam metode QFD
adalah House of Quality (HOQ). Berdasarkan hasil analisis QFD, tingkat
kepentingan atribut yang dibutuhkan oleh konsumen secara berurutan adalah rasa
(3,95), harga (3,85), tekstur (3,77), kemasan (3,72), warna (3,52), bentuk (3,47),
aroma (3,38). Rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan kualitas produk yang
dapat dilakukan produsen adalah penggunaan fresh edamame, penambahan perisa,
pengaturan proses penggorengan, dan inovasi kemasan.