Strategi Pengembangan Entrepreneurship Mahasiswa Melalui Kegiatan PKM-K di Fakultas Pertanian Universitas Jember
Abstract
Pengangguran merupakan masalah yang cukup serius di berbagai negara.
Pengangguran sudah menjadi masalah yang cukup pelik ditambah lagi dengan
rendahnya minat berwirausaha di Indonesia. Kesadaran akan pentingnya
wirausaha masih belum tertanam dengan kuat di dalam pola pikir generasi muda,
nampak pada data yang menunjukkan bahwa penduduk usia 15 tahun keatas lebih
tertarik menjadi seorang pegawai negeri daripada menjadi seorang wirausaha.
Padahal seharusnya ada setidaknya 2% pelaku wirausaha dari populasi di
Indonesia. PKM-K (PKM-Kewirausahaan) yang merupakan salah satu dari bidang
PKM yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan
Teknologi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. PKM-K
dianggap suatu pelatihan untuk menumbuhkan motivasi wirausaha mahasiswa.
Respon mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jember terhadap adanya PKMK cukup antusias ditunjukkan dengan peningkatan jumlah tim pengusul dari
periode 2020-2022. Peningkatan pengusulan PKM-K terus menjadi perhatian agar
mahasiswa tertarik dengan hal-hal yang berbau wirausaha. Sehingga perlu adanya
strategi pengembangan entrepreneurship mahasiswa melalui kegiatan PKM-K
dengan harapan tidak hanya ketertarikan di bidang PKM-K saja yang meningkat
tetapi juga motivasi berwirausaha.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Tingkat motivasi Mahasiswa
Fakultas Pertanian Universitas Jember dalam mengikuti PKM-K, (2) Faktorfaktor yang berhubungan dengan motivasi Mahasiswa Fakultas Pertanian
Universitas Jember dalam mengikuti PKM-K, dan (3) Strategi dan Prospek
pengembangan entrepreneurship Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas
Jember melalui kegiatan PKM-K. Penentuan daerah penelitian menggunakan
purposive method yaitu di Fakultas Pertanian Universitas Jember. Metode
penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan analitis. Metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner melalui Google Form,
diskusi terfokus, dan wawancara untuk mendapat data primer, dan dokumentasi
untuk mendapat data sekunder. Metode pengambilan contoh menggunakan quota
dan purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis skoring,
analisis Rank Spearman dengan bantuan SPSS, dan analisis SWOT dengan
bantuan Microsoft Excel.
Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat motivasi Mahasiswa Fakultas
Pertanian Universitas Jember dalam mengikuti PKM-K berada pada kategori
sedang, dapat dilihat pada banyaknya pengusul yang makin meningkat tiap
periode tetapi pengusul yang lolos ke tahap selanjutnya justru menurun. Faktor
yang berhubungan dengan motivasi Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas
Jember dalam mengikuti PKM-K adalah faktor pengalaman dan pendidikan
kewirausahaan. Posisi entrepreneurship mahasiswa berada pada White Area, atau
bidang kuat-berpeluang yang mana berpeluang untuk dikembangkan. Maka
strategi yang tepat untuk meningkatkan entrepreneurship mahasiswa melalui
kegiatan PKM-K adalah menyediakan arsip data pengusul beserta proposal PKM
periode sebelumnya dan mempertahankan kebijakan PKM sebagai syarat
pengajuan tugas akhir untuk melatih mahasiswa berpartisipasi dalam perlombaan.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]