Strategi Pengembangan Pemasaran Olahan Ikan Teri Kering UD Mutiara Laut Probolinggo
Abstract
Indonesia memiliki perairan yang luas yang meliputi perairan tawar,
perairan payau dan perairan asin (laut). Dengan luas wilayah perikanan yang
mencapai 5,8 juta km2 tentu memiliki potensi yang sangat besar di bidang
perikanan. Produksi ikan di Jawa Timur terus meningkat pada tiap tahunnya hal
tersebut menunjukkan bahwa Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu penghasil
perikanan tangkap yang unggul. Salah satu UMKM pengolahan ikan kering berada
di desa Sumberanyar Kecamatan Paiton Kabuaten Probolinggo bernama UD
Mutiara Laut. Hingga saat ini, usaha ini belum bisa memperluas pangsa pasarnya
dikarenakan penentuan strategi yang kurang tepat dalam pengembangan pasar pada
olahan ikan teri kering. Hal ini yang mendorong peneliti untuk melakukan analisis
nilai tambah pengolahan ikan teri kering, melakukan analisis nilai keunggulan
produk serta menganalisis strategi pengembangan usaha dan menentukan strategi
pemasaran yang tepat sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan usaha
olahan ikan kering di Probolinggo. Penelitian ini dilakukan dengan metode
pendekatan kualitatif dan dianalisis menggunakan analisis nilai tambah, value
proposition, analisis SWOT dan analisis QSPM. Metode pengambilan data
dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan pembagian kuisioner.
Responden dari penelitian ini meliputi jumlah keseluruhan pelaku usaha olahan
ikan kering di UD Mutiara Laut Probolinggo dan pembeli yang berada disekitaran
wilayah Probolinggo. Data yang dihasilkan diolah menggunakan Microsoft Excel.Strategi pengembangan usaha olahan ikan teri kering pada UD Mutiara Laut
Probolinggo berdasarkan analisis SWOT terdapat 10 alternatif strategi antara lain,
membuat inovasi kemasan produk yang menunjang ketahanan produk dan menarik
minat pembeli, menambah mitra dalam hal pemasaran produk, pengajuan modal
usaha melalui mentoring dan pemerintah daerah, mendaftarkan sertifikasi produk
ke BPOM atau SPP-PIRT, melakukan promosi di media sosial, mempertahankan
dan meningkatkan kualitas mutu produk yang diperdagangkan, melakukan
pengembangan produk sesuai dengan selera pasar, melakukan perencanaan
mendalam mengenai penyediaan stok bahan baku dengan penyedia bahan baku,
efisiensi biaya produksi dengan menentukan volume produksi untuk meminimalisir
kerugian, meningkatkan hubungan dengan penyedia bahan baku untuk
memepermudah pemantauan harga bahan baku. Kemudian untuk prioritas strategi
pemasaran pada UD Mutiara Laut Probolinggo yaitu melakukan pengembangan
produk sesuai dengan selera pasar.