• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Diagram Berpikir Multidimensi dalam Pembelajaran IPA terhadap Literasi Sains Siswa di SMP

    Thumbnail
    View/Open
    37 - 2022 Optika - PAK.pdf (2.164Mb)
    Date
    2022-12-30
    Author
    FUADINA, Zakiya Nur
    SUPENO, Supeno
    AHMAD, Nur
    SUGIHARTOKO, Sugihartoko
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji adanya pengaruh yang signifikan dan peningkatan kemampuan literasi sains siswa dalam penggunaan model pembelajaran guided inquiry berbantuan diagram berpikir multidimensi pada pembelajaran IPA di SMP dengan topik materi gelombang. Kegiatan penelitian tergolong penelitian kuantitatif menggunakan jenis kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi untuk mengetahui tingkat kemampuan awal literasi sains siswa dan tes untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains siswa. Data dianalisis menggunakan uji statistik berupa uji normalitas dan uji N-Gain. Sampel penelitian terdiri dari kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Perolehan data penelitian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS Statistics 25. Analisis data diperoleh bahwa kedua data berdistribusi normal, sehingga dapat dilanjutkan uji Independent Sample T-test dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,050 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari selisih nilai pre-test dan post-test kemampuan literasi sains siswa. Kemudian uji T pihak kanan didapatkan hasil T-hitung (3,734) > T-tabel (1,669) yang berarti nilai kemampuan literasi sains siswa di kelas eksperimen lebih baik dari pada di kelas kontrol. Data nilai pre-test dan post-test juga dianalisis menggunakan N-Gain Score dan didapatkan nilai rata-rata kemampuan literasi sains siswa tergolong kategori sedang.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116277
    Collections
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository