Show simple item record

dc.contributor.authorFUADINA, Zakiya Nur
dc.contributor.authorSUPENO, Supeno
dc.contributor.authorAHMAD, Nur
dc.contributor.authorSUGIHARTOKO, Sugihartoko
dc.date.accessioned2023-05-19T09:15:10Z
dc.date.available2023-05-19T09:15:10Z
dc.date.issued2022-12-30
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116277
dc.description.abstractPenelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji adanya pengaruh yang signifikan dan peningkatan kemampuan literasi sains siswa dalam penggunaan model pembelajaran guided inquiry berbantuan diagram berpikir multidimensi pada pembelajaran IPA di SMP dengan topik materi gelombang. Kegiatan penelitian tergolong penelitian kuantitatif menggunakan jenis kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi untuk mengetahui tingkat kemampuan awal literasi sains siswa dan tes untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains siswa. Data dianalisis menggunakan uji statistik berupa uji normalitas dan uji N-Gain. Sampel penelitian terdiri dari kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Perolehan data penelitian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS Statistics 25. Analisis data diperoleh bahwa kedua data berdistribusi normal, sehingga dapat dilanjutkan uji Independent Sample T-test dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,050 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari selisih nilai pre-test dan post-test kemampuan literasi sains siswa. Kemudian uji T pihak kanan didapatkan hasil T-hitung (3,734) > T-tabel (1,669) yang berarti nilai kemampuan literasi sains siswa di kelas eksperimen lebih baik dari pada di kelas kontrol. Data nilai pre-test dan post-test juga dianalisis menggunakan N-Gain Score dan didapatkan nilai rata-rata kemampuan literasi sains siswa tergolong kategori sedang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJurnal Pendidikan Fisikaen_US
dc.subjectInkuiri Terbimbingen_US
dc.subjectDiagram Berpikir Multidimensien_US
dc.subjectLiterasi Sainsen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Diagram Berpikir Multidimensi dalam Pembelajaran IPA terhadap Literasi Sains Siswa di SMPen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.prodiFakultas Keguruan Ilmu Pendidikanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record