Pengembangan E-Lkpd Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Tingking Skill (HOTS) pada Pembelajaran IPA
View/ Open
Date
2022-12-01Author
SARI, Dian Nur Indah
BUDIARSO, Aris Singgih
WAHYUNI, Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan pengetahuan mengenai alam semesta dan fenomena-fenomena yang 
terjadi di alam. Pada proses pembelajaran IPA dibutuhkan bahan ajar. Salah satu bahan ajar yang dapat 
digunakan adalah LKPD. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan 
E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL). Populasi penelitian yakni siswa kelas VIII-C di MTs Negeri 
1 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan 
menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan yakni analisis (analyze), perancangan (design), 
pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pengumpulan data 
menggunakan metode tes hasil belajar kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS), angket, wawancara 
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji skor validitas, kepraktisan, N-gain dan uji skor 
angket respon siswa. Pada uji validitas diperoleh nilai 83% dengan krteria sangat baik. Pada uji keterlaksanaan 
didapatkan hasil 89% berkategori sangat praktis. Hasil uji N-gain didapatkan skor yakni 0,53 berkategori 
sedang. sedangkan pada uji angket respon siswa didapataan hasil yakni 82% dengan kategori sangat baik. 
Simpulan penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis PBL dapat meningkatkan kemampuan HOTS pada 
pembelajaran IPA SMP.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7430]