dc.description.abstract | Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan pengetahuan mengenai alam semesta dan fenomena-fenomena yang
terjadi di alam. Pada proses pembelajaran IPA dibutuhkan bahan ajar. Salah satu bahan ajar yang dapat
digunakan adalah LKPD. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan
E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL). Populasi penelitian yakni siswa kelas VIII-C di MTs Negeri
1 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan
menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan yakni analisis (analyze), perancangan (design),
pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pengumpulan data
menggunakan metode tes hasil belajar kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS), angket, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji skor validitas, kepraktisan, N-gain dan uji skor
angket respon siswa. Pada uji validitas diperoleh nilai 83% dengan krteria sangat baik. Pada uji keterlaksanaan
didapatkan hasil 89% berkategori sangat praktis. Hasil uji N-gain didapatkan skor yakni 0,53 berkategori
sedang. sedangkan pada uji angket respon siswa didapataan hasil yakni 82% dengan kategori sangat baik.
Simpulan penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis PBL dapat meningkatkan kemampuan HOTS pada
pembelajaran IPA SMP. | en_US |