Analisis Keselarasan Strategi TI dengan Strategi Bisnis pada Universitas Jember menggunakan IT Balanced Scorecard (IT BSC)
Abstract
Penyelarasan strategi adalah penerapan teknologi informasi secara benar, tepat waktu, masing-masing dengan
strategi bisnis, tujuan maupun kebutuhan organisasi (Haryani & Hidayah, 2014). Dalam beberapa penelitian,
keselarasan strategi diartikan sebagai tingkat kesesuaian dan integrasi antara strategi bisnis, TI
strategi, struktur organisasi, dan Infrastruktur TI (De Haes & Van Grembergen, 2015). Hal ini
Studi Universitas Jember (UNEJ) dipilih sebagai objek studi karena memiliki jangka panjang yang beragam
strategi, yang kemudian dirangkum dalam dokumen rencana strategi (renstra) periode 2020 - 2024 dan
digunakan sebagai pedoman untuk mencapai tujuan universitas. Strategi dibagi menjadi strategi bisnis
dan strategi TI, dimana kedua strategi ini saling terkait untuk tujuan pemrosesan permintaan dukungan (
Haryani & Hidayah , 2014). Strategi kedua harus diselaraskan untuk dapat mengarahkan
organisasi/lembaga untuk meningkatkan efisiensi kinerja, keuntungan, dan mencapai tujuan utama
organisasi (Herdiansyah dkk, 2014). Penyelarasan strategi diperlukan untuk aplikasi TI yang akan digunakan
benar, tepat waktu, sesuai kebutuhan dan sejalan dengan strategi bisnis dan tujuan organisasi (
Haryani & Hidayah , 2014). Salah satu strategi utama Universitas Jember adalah “Tingkatkan Kualitas Pelayanan”.
Education”, yang didalamnya juga terkandung strategi pembelajaran online/blended learning. Saat ini
pandemi covid -19 wabah seluruh kegiatan harus diadakan secara daring termasuk pelaksanaan pembelajaran dan
administrasi pelayanan , sehingga strategi TI merupakan pendukung utama keberhasilan implementasi pembelajaran online .
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode IT Balanced Scorecard dan pendekatan matching yang diawali dengan literatur
studi , kemudian menentukan sampel penelitian, pengumpulan data dengan observasi dan wawancara, dan
dilanjutkan dengan mengidentifikasi profil universitas (visi misi, strategi IT dan strategi bisnis).
mendokumentasikan rencana strategis bisnis UNEJ), kemudian melakukan penetapan CSF dan KPI. Setelah CSF dan
KPI telah ditentukan, mereka telah melakukan analisis SWOT untuk memudahkan analisis strategi
penyelarasan dan perencanaan peta strategis. Setelah diperoleh hasil analisis SWOT selanjutnya adalah pengukuran
keselarasan strategi dari setiap tujuan dan tingkat keselarasan strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, laju
keselarasan strategi antara strategi TI dengan strategi bisnis berada pada level 3, level 4 dan level 5.