Show simple item record

dc.contributor.authorMAULIDYA, Tiara
dc.date.accessioned2023-05-08T03:06:09Z
dc.date.available2023-05-08T03:06:09Z
dc.date.issued2023-01-04
dc.identifier.nim182410101022en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115898
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 8 Mei 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenyelarasan strategi adalah penerapan teknologi informasi secara benar, tepat waktu, masing-masing dengan strategi bisnis, tujuan maupun kebutuhan organisasi (Haryani & Hidayah, 2014). Dalam beberapa penelitian, keselarasan strategi diartikan sebagai tingkat kesesuaian dan integrasi antara strategi bisnis, TI strategi, struktur organisasi, dan Infrastruktur TI (De Haes & Van Grembergen, 2015). Hal ini Studi Universitas Jember (UNEJ) dipilih sebagai objek studi karena memiliki jangka panjang yang beragam strategi, yang kemudian dirangkum dalam dokumen rencana strategi (renstra) periode 2020 - 2024 dan digunakan sebagai pedoman untuk mencapai tujuan universitas. Strategi dibagi menjadi strategi bisnis dan strategi TI, dimana kedua strategi ini saling terkait untuk tujuan pemrosesan permintaan dukungan ( Haryani & Hidayah , 2014). Strategi kedua harus diselaraskan untuk dapat mengarahkan organisasi/lembaga untuk meningkatkan efisiensi kinerja, keuntungan, dan mencapai tujuan utama organisasi (Herdiansyah dkk, 2014). Penyelarasan strategi diperlukan untuk aplikasi TI yang akan digunakan benar, tepat waktu, sesuai kebutuhan dan sejalan dengan strategi bisnis dan tujuan organisasi ( Haryani & Hidayah , 2014). Salah satu strategi utama Universitas Jember adalah “Tingkatkan Kualitas Pelayanan”. Education”, yang didalamnya juga terkandung strategi pembelajaran online/blended learning. Saat ini pandemi covid -19 wabah seluruh kegiatan harus diadakan secara daring termasuk pelaksanaan pembelajaran dan administrasi pelayanan , sehingga strategi TI merupakan pendukung utama keberhasilan implementasi pembelajaran online . Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode IT Balanced Scorecard dan pendekatan matching yang diawali dengan literatur studi , kemudian menentukan sampel penelitian, pengumpulan data dengan observasi dan wawancara, dan dilanjutkan dengan mengidentifikasi profil universitas (visi misi, strategi IT dan strategi bisnis). mendokumentasikan rencana strategis bisnis UNEJ), kemudian melakukan penetapan CSF dan KPI. Setelah CSF dan KPI telah ditentukan, mereka telah melakukan analisis SWOT untuk memudahkan analisis strategi penyelarasan dan perencanaan peta strategis. Setelah diperoleh hasil analisis SWOT selanjutnya adalah pengukuran keselarasan strategi dari setiap tujuan dan tingkat keselarasan strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, laju keselarasan strategi antara strategi TI dengan strategi bisnis berada pada level 3, level 4 dan level 5.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Oktalia Juwita, S.Kom., M.MT Dosen Pembimbing Anggota : Fajrin Nurman Arifin, ST.,M.Engen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectStrategi TIen_US
dc.subjectIT Balanced Scorecard (IT BSC)en_US
dc.titleAnalisis Keselarasan Strategi TI dengan Strategi Bisnis pada Universitas Jember menggunakan IT Balanced Scorecard (IT BSC)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSistem Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Oktalia Juwita, S.Kom.,M.MTen_US
dc.identifier.pembimbing2Fajrin Nurman Arifin, S.T.,M.Engen_US
dc.identifier.validatorratna_8 Februari 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record