Perancangan Strategi Model Bisnis Kopi Anaerob Robusta dalam Persaingan Agroindustri Kopi di Jember dengan Menggunakan Business Model Canvas
View/ Open
Date
2023-01-20Author
Budi Sholikin, Nabila Tsana
SHOLIKIN, Nabila Tsana Budi
Metadata
Show full item recordAbstract
Konsumsi kopi diprediksi akan terus mengalami pertumbuhan. Berdasarkan data Badan Pusat
Statistik tahun 2021, Kabupaten Jember menempati posisi ke dua terbanyak di Jawa Timur, sebagai
penghasil produksi kopi. Rumah Kopi Banjarsengon merupakan salah satu industri yang
memproduksi berbagai macam produk kopi di Kabupaten Jember, salah satunya yaitu produk kopi
anaerob robusta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang strategi model bisnis produk kopi
anaerob robusta agar mampu bersaing di Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan di industri
Rumah Kopi Banjarsengon, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Metode pengumpulan data
dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan
tools Value proposition canvas, Business Model Canvas dan bantuan Tabel Kebutuhan Pelanggan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa model rancangan strategi model bisnis produk Kopi Anerob
Robusta dari Rumah Kopi Banjarsengon agar dapat mampu bersaing di industri Kota Jember adalah
menggunakan model bisnis Business Model Canvas dengan mempertimbangkan hasil analisis Value
Proposition dan mempertahankan serta meningkatkan seluruh elemen blok BMC.
Kata kunci: Business Model Canvas, Kopi Anaerob Robusta, Value Proposition.