• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Karakteristik Kondisi Kerusakan Jalan dan Metode Penanganan Studi Kasus : Jalan Raya Nganjuk-Gondang Kabupaten Nganjuk

    Thumbnail
    View/Open
    191910301012_Rindi Pangestika.pdf (2.946Mb)
    Date
    2023-01-10
    Author
    PANGESTIKA, Rindi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jalan Raya Nganjuk-Gondang Kabupaten Nganjuk merupakan jalur utama mobilitas kendaraan yang memuat material-material pembangunan Bendungan Semantok di Desa Sambikerep Kecamatan Rejoso. Selain itu, ruas jalan Nganjuk - Gondang merupakan jalan menuju tempat wisata di daerah Ngluyu dan terdapat sekolah sehingga mengakibatkan pemakaian jalan yang berkelanjutan. Pemakaian jalan yang berkelanjutan tentunya mengakibatkan menurunya kualitas jalan. Dengan demikian dilakukan penelitian untuk mengetahui kondisi eksisting jalan nganjuk-gondang baik dilihat dari kondisi kerusakan pada permukaan perkerasan jalan dengan menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) serta presentase kendaraan berat yang lewat. Apabila suatu kondisi jalan sudah didapatkan maka bisa sebagai acuan untuk penanganan kerusakan jalan. Dari hasil penelitian diperoleh kondisi eksisting berdasarkan kondisi kerusakan yaitu untuk posisi kanan kerusakan yang paling besar yaitu lubang sebesar 19,27 % dari total seluruh kerusakan, sedangkan kerusakan yang paling besar pada posisi kiri yang dilihat dari total seluruh kerusakan yaitu Retak Memanjang/melintang sebesar 15,45 %. Dari besar luasan Retak Blok memiliki luasan terbesar yaitu 321 m2 pada posisi kiri, sedangkan pada posisi kanan Tambalan memiliki luasan sebesar 297 m2 . Penilaian kondisi jalan menurut metode PCI diperoleh hasil pada segmen dengan tingkat kerusakan terparah yaitu Sta 1+200 – 1+300 (Kanan), Sta 1+300 – 1+400 (Kanan), Sta 1+400 – 1+500 serta Sta 1+500 – 1+600 (Kanan). Nilai indeks rata-rata untuk semua segmen yaitu 60,7 dengan kondisi baik. Sedangkan untuk kondisi eksisting berdasarkan presentase kendaraan berat yaitu Besar presentase kendaraan yang melewati ruas lokasi penelitian yaitu 4,85 % dari total jumlah kendaraan. Dimana Jumlah kendaraan yang lewat pada ruas jalan raya nganjuk-gondang yaitu kendaraan ringan sebesar 1112 kendaraan, kendaraan besar 407 kendaraan dan kendaraan bermotor sebesar 6868 kendaraan. Dari hubungan antara jumlah kendaraan berat yang lewat dengan nilai PCI diperoleh nilai R = 0,772 yang berarti kendaraan berat berpengaruh pada kerusakan jalan. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode PCI diperoleh nilai PCI yang dijadikan acuan untuk melakukan penanganan yang sesuai dengan metode Bina Marga. Selain itu, berdasarkan hasil literatur review terhadap beberapa jurnal dipereoleh hasil bahwa terdapat hubungan diantara Metode PCI dengan Metode Bina Marga sehingga dalam perencanaan penanganan dapat menggunakan penanganan Bina marga dengan hasil nilai dari Metode PCI. Besar presentase hasil perencanaan penanganan untuk 20 unit segmen yaitu Rekomendasi penanganan berupa pemeliharaan rutin sebsar 67,5%;pemeliharaan berkala sebesar 15 %;serta peningkatan jalan sebesar 17,5 %.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115741
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4370]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • PENINGKATAN KINERJA JALAN MELALUI OPTIMALISASI MANAJEMEN LALU LINTAS PADA SEGMEN SIMPANG JALAN TRUNOJOYO – JALAN DIPONEGORO SAMPAI SIMPANG JALAN TRUNOJOYO – JALAN SAMANHUDI KABUPATEN JEMBER 

      Febby Anggarawan Pradana (2014-01-24)
      Problematika dalam masalah transportasi tidak hanya terjadi pada kota – kota besar di Indonesia tetapi juga terjadi di kota yang sedang berkembang, Kota Jember merupakan salah satu kota kabupaten yang berada di Provinsi ...
    • PENINGKATAN KINERJA JALAN MELALUI OPTIMALISASI MANAJEMEN LALU LINTAS PADA SEGMEN SIMPANG JALAN TRUNOJOYO – JALAN DIPONEGORO SAMPAI SIMPANG JALAN TRUNOJOYO – JALAN SAMANHUDI KABUPATEN JEMBER 

      Febby Anggarawan Pradana (2013-12-05)
      Problematika dalam masalah transportasi tidak hanya terjadi pada kota – kota besar di Indonesia tetapi juga terjadi di kota yang sedang berkembang, Kota Jember merupakan salah satu kota kabupaten yang berada di Provinsi ...
    • PRIORITAS PERBAIKAN KERUSAKAN JALAN DI JALAN HAYAM WURUK KECAMATAN GIRI KABUPATEN BANYUWANGI DITINJAU DARI TINGKAT KERUSAKAN JALAN AKIBAT BEBAN KENDARAAN 

      Akh. Maliki (2014-01-23)
      Jalan Hayam Wuruk Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi yang menghubungkan akses jalan Banyuwangi menuju Pelabuhan Ketapang merupakan Outer Ring road Kota Banyuwangi. Jalan ini dilewati oleh lalu lintas kendaraan ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository