dc.contributor.author | PANGESTIKA, Rindi | |
dc.date.accessioned | 2023-05-03T02:44:46Z | |
dc.date.available | 2023-05-03T02:44:46Z | |
dc.date.issued | 2023-01-10 | |
dc.identifier.nim | 191910301012 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115741 | |
dc.description.abstract | Jalan Raya Nganjuk-Gondang Kabupaten Nganjuk merupakan jalur utama
mobilitas kendaraan yang memuat material-material pembangunan Bendungan
Semantok di Desa Sambikerep Kecamatan Rejoso. Selain itu, ruas jalan Nganjuk -
Gondang merupakan jalan menuju tempat wisata di daerah Ngluyu dan terdapat
sekolah sehingga mengakibatkan pemakaian jalan yang berkelanjutan. Pemakaian
jalan yang berkelanjutan tentunya mengakibatkan menurunya kualitas jalan.
Dengan demikian dilakukan penelitian untuk mengetahui kondisi eksisting jalan
nganjuk-gondang baik dilihat dari kondisi kerusakan pada permukaan perkerasan
jalan dengan menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) serta
presentase kendaraan berat yang lewat. Apabila suatu kondisi jalan sudah
didapatkan maka bisa sebagai acuan untuk penanganan kerusakan jalan.
Dari hasil penelitian diperoleh kondisi eksisting berdasarkan kondisi
kerusakan yaitu untuk posisi kanan kerusakan yang paling besar yaitu lubang
sebesar 19,27 % dari total seluruh kerusakan, sedangkan kerusakan yang paling
besar pada posisi kiri yang dilihat dari total seluruh kerusakan yaitu Retak
Memanjang/melintang sebesar 15,45 %. Dari besar luasan Retak Blok memiliki
luasan terbesar yaitu 321 m2
pada posisi kiri, sedangkan pada posisi kanan
Tambalan memiliki luasan sebesar 297 m2
. Penilaian kondisi jalan menurut
metode PCI diperoleh hasil pada segmen dengan tingkat kerusakan terparah yaitu
Sta 1+200 – 1+300 (Kanan), Sta 1+300 – 1+400 (Kanan), Sta 1+400 – 1+500
serta Sta 1+500 – 1+600 (Kanan). Nilai indeks rata-rata untuk semua segmen
yaitu 60,7 dengan kondisi baik. Sedangkan untuk kondisi eksisting berdasarkan
presentase kendaraan berat yaitu Besar presentase kendaraan yang melewati ruas
lokasi penelitian yaitu 4,85 % dari total jumlah kendaraan. Dimana Jumlah kendaraan yang lewat pada ruas jalan raya nganjuk-gondang yaitu kendaraan
ringan sebesar 1112 kendaraan, kendaraan besar 407 kendaraan dan kendaraan
bermotor sebesar 6868 kendaraan. Dari hubungan antara jumlah kendaraan berat
yang lewat dengan nilai PCI diperoleh nilai R = 0,772 yang berarti kendaraan
berat berpengaruh pada kerusakan jalan.
Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode PCI diperoleh nilai
PCI yang dijadikan acuan untuk melakukan penanganan yang sesuai dengan
metode Bina Marga. Selain itu, berdasarkan hasil literatur review terhadap
beberapa jurnal dipereoleh hasil bahwa terdapat hubungan diantara Metode PCI
dengan Metode Bina Marga sehingga dalam perencanaan penanganan dapat
menggunakan penanganan Bina marga dengan hasil nilai dari Metode PCI. Besar
presentase hasil perencanaan penanganan untuk 20 unit segmen yaitu
Rekomendasi penanganan berupa pemeliharaan rutin sebsar 67,5%;pemeliharaan
berkala sebesar 15 %;serta peningkatan jalan sebesar 17,5 %. | en_US |
dc.description.sponsorship | Ir. Sonya Sulistyono, S.T., M.T., IPM.
Dr. Ir. Indra Nurtjahjaningtyas, S.T., M.T. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Teknik | en_US |
dc.subject | METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) | en_US |
dc.subject | METODE BINA MARGA | en_US |
dc.subject | PENANGANAN KERUSAKAN JALAN | en_US |
dc.subject | JALAN RAYA NGANJUK - GONDANG | en_US |
dc.subject | PERBANDINGAN METODE PCI | en_US |
dc.subject | PENANGANAN BINA MARGA | en_US |
dc.subject | PENILAIAN KERUSAKAN JALAN | en_US |
dc.title | Karakteristik Kondisi Kerusakan Jalan dan Metode Penanganan Studi Kasus : Jalan Raya Nganjuk-Gondang Kabupaten Nganjuk | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | S1 Teknik Sipil | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Ir. Sonya Sulistyono, S.T., M.T., IPM. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Ir. Indra Nurtjahjaningtyas, S.T., M.T. | en_US |
dc.identifier.validator | Finalisasi tanggal 3 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyah | en_US |
dc.identifier.finalization | Finalisasi tanggal 3 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyah | en_US |