PENINGKATAN KINERJA JALAN MELALUI OPTIMALISASI MANAJEMEN LALU LINTAS PADA SEGMEN SIMPANG JALAN TRUNOJOYO – JALAN DIPONEGORO SAMPAI SIMPANG JALAN TRUNOJOYO – JALAN SAMANHUDI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Problematika dalam masalah transportasi tidak hanya terjadi pada kota – kota
besar di Indonesia tetapi juga terjadi di kota yang sedang berkembang, Kota Jember
merupakan salah satu kota kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur sudah
mengalami beberapa masalah dalam bidang transportasi. Kemacetan merupakan salah
satu masalah dalam bidang transportasi yang harus diselesaikan. Kemacetan dapa t
dikatakan sebagai akar dari beberapa permasalahan. Beberapa permasalahan
diantaranya semakin panjang waktu tempuh perjalanan dan meningkatnya konsumsi
bahan bakar suatu kendaraan.
Prasarana jalan harus direncanakan sesuai dengan kelas jalan dan kebutuhan
masyarakat. Namun peningkatan aktivitas pengguna serta bangkitan perjalanan
seringkali menimbulkan kemacetan. Salah satu ruas jalan di Kota Jember yang sering
menimbulkan kemacetan terjadi di ruas Jalan Trunojoyo antara Simpang Jalan
Trunojoyo – Jalan Diponegoro sampai dengan Simpang Jalan Trunojoyo – Jalan
Samanhudi Pasar Tanjung. Berdasarkan survey awal, tundaan kendaraan ini
ditimbulkan oleh fasilitas parkir kendaraan dan hambatan seperti orang yang
menyeberang di sembarang tempat serta manuver kendaraan yang berasal dari Jalan
Dr. Wahidin menuju ke Jalan KH Siddiq. Hal – hal tersebut dapat mengakibatkan
penurunan kecepatan para pengendara dan mengakibatkan tundaan bahkan terjadi
kemacetan lalu lintas. Berdasarkan masalah dan kenyataan yang ada di lapan gan,
analisis awal yang dapat dilakukan adalah memaksimalkan penataan lahan parkir
yang efektif serta lebih memperketat peraturan lalu lintas di ruas simpang Jalan
Trunojoyo – Jalan Diponegoro sampai Simpang Jalan Trunojoyo – Jalan Samanhudi...enelitian dilaksanakan di ruas Jalan Trunojoyo antara Simpang Semar
sampai Simpang Pasar Tamjung. Metode pengambilan data dilakukan dengan
menghitung volume lalu lintas terklasifikasi pada hari kerja
metode matrix diagram berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 14
tahun 2006 tentang tingkat pelayanan untuk jalan arteri primer.
Hasil dan pembahasan kinerja operasional jalan pada ruas Jalan Trunojoyo
menunjukkan bahwa terjadi perubahan nilai derajat kejenuhan, kecepatan serta
kapasitas. Untuk penilaian secara umum penggunaan skenario pola parkir paralel
serta penekanan pada kelas hambatan samping merupakan skenario yang paling
optimal. Peningkatan kapasitas dengan menggunakan skenario optimal dapat
mencapai 419,84 smp/jam.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENINGKATAN KINERJA JALAN MELALUI OPTIMALISASI MANAJEMEN LALU LINTAS PADA SEGMEN SIMPANG JALAN TRUNOJOYO – JALAN DIPONEGORO SAMPAI SIMPANG JALAN TRUNOJOYO – JALAN SAMANHUDI KABUPATEN JEMBER
Febby Anggarawan Pradana (2013-12-05)Problematika dalam masalah transportasi tidak hanya terjadi pada kota – kota besar di Indonesia tetapi juga terjadi di kota yang sedang berkembang, Kota Jember merupakan salah satu kota kabupaten yang berada di Provinsi ... -
PRIORITAS PERBAIKAN KERUSAKAN JALAN DI JALAN HAYAM WURUK KECAMATAN GIRI KABUPATEN BANYUWANGI DITINJAU DARI TINGKAT KERUSAKAN JALAN AKIBAT BEBAN KENDARAAN
Akh. Maliki (2014-01-23)Jalan Hayam Wuruk Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi yang menghubungkan akses jalan Banyuwangi menuju Pelabuhan Ketapang merupakan Outer Ring road Kota Banyuwangi. Jalan ini dilewati oleh lalu lintas kendaraan ... -
IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI NOMOR 36 TAHUN 2009 TENTANG PENATAAN PKL DI JALAN GAJAHMADA, JALAN SAMANHUDI DAN JALAN UNTUNG SURAPATI JEMBER
Yudistyawan, Fendi; Wasiati, Inti; Soetomo (UNEJ, 2013)Pedagang kaki lima merupakan usaha yang banyak digeluti oleh sebagian masyarakat menengah kebawah. Dengan modal yang kecil dan manajemen usaha yang masih tradisional menjadikan ladang usaha kaki lima tidak membutuhkan ...