Analisis Trend Produksi dan Penjualan serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penjualan Kopi Sangrai UD. Zhibond Coffee di Mangli Kabupaten Jember Sebelum dan Sesudah Pandemi Covid-19
Abstract
Kabupaten Jember merupakan salah satu sentra produksi kopi terbesar
yang menduduki urutan ketiga di Provinsi Jawa Timur dengan kontribusi produksi
sebesar 31,89 persen. UD. Zhibond Coffee merupakan salah satu agroindustri
pengolahan kopi yang ada di Kabupaten Jember. Produk yang dianalisis pada
penelitian ini adalah kopi sangrai robusta dan arabika karena merupakan 80% dari
total produk yang diproduksi oleh UD. Zhibond Coffee. Permasalahan di UD.
Zhibond Coffee terjadi akibat penurunan produksi dan penjualan kopi sangrai
sebesar 90% yang merupakan dampak dari mewabahnya pandemi Covid-19.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) trend produksi dan penjualan
kopi sangrai UD. Zhibond Coffee di Mangli Kabupaten Jember sebelum dan
sesudah pandemi Covid-19, 2) Faktor - faktor yang mempengaruhi penjualan kopi
sangrai UD. Zhibond Coffee di Mangli Kabupaten Jember. Metode penelitian
yang digunakan yaitu metode deskriptif dan analitik. Penentuan daerah penelitian
menggunakan purposive method. Metode penentuan sampel dilakukan dengan
metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah metode
analisis trend linier kuadrat terkecil (least square method) dan analisis regresi
linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Trend produksi dan penjualan
kopi sangrai robusta dan arabika UD. Zhibond Coffee pada tahun 2017-2021
berfluktuasi. Trend pada tahun 2022-2026 setelah pandemi Covid-19 mengalami
penurunan atau trend negatif. 2) Variabel beban pemasaran, harga pokok
penjualan robusta, dan harga pokok penjualan arabika berpengaruh nyata secara
positif, sedangkan variabel harga jual robusta dan harga jual arabika berpengaruh
nyata secara negatif terhadap penjualan kopi sangrai arabika dan robusta di UD.
Zhibond Coffee. UD. Zhibond Coffee disarankan untuk melakukan penyimpanan
produk dengan memperhatikan cara dan tempat yang sesuai serta menjalin
hubungan baik dengan pelanggan agar dapat meningkatkan penjualan kopi
sangrai.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]