• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agricultural Technology
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agricultural Technology
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Pemasaran Produk Olahan Rosella Bernilai Tambah Tinggi (Studi Kasus Pada Koperasi Srikandi Berbakti Ngipik Gresik)

    Thumbnail
    View/Open
    Dian Rahmawati 171710301027.pdf (1.336Mb)
    Date
    2022-12-07
    Author
    Rahmawati, Dian
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Potensi rosella (Hibiscus sabdariffa L.) sering dimanfaatkan sebagai sumber bahan pangan fungsional dan biofarmaka. Rosella dapat diolah menjadi produk bernilai ekonomis tinggi yang dapat memberikan nilai tambah dan diversifikasi produk baru. Produk olahan rosella yang memberikan nilai tambah terbesar akan memberikan keuntungan paling besar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis besarnya nilai tambah produk olahan rosella di Koperasi Srikandi Berbakti Ngipik serta merumuskan alternatif strategi pemasaran yang tepat berdasarkan variabel bauran pemasaran pada produk olahan rosella yang memiliki nilai tambah terbesar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Hayami untuk menganalisis nilai tambah dan analisis SWOT dengan variabel marketing mix 7P untuk merumuskan alternatif strategi pemasaran produk olahan rosella yang memiliki nilai tambah terbesar. Hasil penelitian menunjukkan nilai tambah pada pengolahan rosella menjadi minuman rosella kemasan 250 ml sebesar Rp1.649.125/kg, teh celup rosella ungu sebesar Rp 221.875/kg, sirup rosella sebesar Rp 386.197/kg, bunga rosella ungu kering sebesar Rp 103.960/kg, teh celup rosella merah sebesar Rp165.208/kg, bunga rosella merah kering sebesar Rp 63.960/kg, dan minuman rosella kemasan kardus (32x120ml) sebesar Rp 174.448/kg. Produk yang memiliki nilai tambah terbesar yaitu produk minuman rosella kemasan 250 ml. Strategi pemasaran untuk produk yang memiliki nilai tambah terbesar berdasarkan hasil analisis SWOT adalah strategi SO (Strengths–Opportunities). Strategi SO yang dapat diterapkan yaitu menawarkan produk melalui e-commerce dengan sistem pre-order, menambah kerjasama dengan toko retail dengan sistem konsinyasi, menjalin kemitraan dengan koperasi karyawan, dan mempromosikan secara intensif melalui pemasaran online.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114966
    Collections
    • UT-Faculty of Agricultural Technology [2754]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository