• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengetahuan HIV/Aids Pada Remaja Melalui Metode Bibliotherapi Ditinjau Dari Jenis Kelamin Di Puskesmas Puger Jember

    Thumbnail
    View/Open
    2. artikel 6. pengetahuan HIV.pdf (1.272Mb)
    Date
    2020-06-26
    Author
    RAHMAWATI, Iis
    KURNIAWATI, Dini
    MURTAQIB, Murtaqib
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Latar Belakang: Kasus HIV/AIDS berkembang sangat cepat di seluruh dunia. Peningkatan kasus HIV/AIDS di kalangan remaja berkaitan dengan masih rendahnya pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS melalui metode biblioterapi ditinjau jenis kelamin untuk memberikan kontribusi pemikiran bagi para perencana program dan pengambil keputusan dalam memilih metode penyampaian mengenai pengetahuan HIV/AIDS. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Lokasi penelitian di wilayah kerja Puskesmas Puger. Penelitian dilakukan pada Bulan Juli-September 2019. Sampel dalam penelitian ini adalah 44 orang remaja yang terdiri dari 22 responden kelompok remaja laki-laki dan 22 responden kelompok remaja perempuan, dengan teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria inklusi yaitu remaja tinggal di wilayah kerja Puskesmas Puger, berusia 16-17 tahun, remaja laki-laki dan perempuan yang bersedia menjadi responden, tidak memiliki hambatan dalam membaca serta dalam keadaan sehat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar kuesioner pengetahuan. Analisa data menggunakan uji Wilcocon dan Mann Whitney dengan p value <0,05. Hasil: Hasil analisis menunjukan perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah terapi pada kelompok remaja perempuan (p-value=0,002) dan kelompok remaja laki-laki (p-value=0,043). Remaja laki-laki dan perempuan sama-sama memiliki pengaruh tetapi pengaruh yang terjadi tidaklah sesignifikan pada kelompok remaja perempuan. Kesimpulan: Metode biblioterapi memiliki pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan baik pada kelompok remaja perempuan maupun remaja laki-laki, tetapi yang lebih memiliki pengaruh yaitu terhadap remaja perempuan, maka metode biblioterapi ini lebih efektif jika diberikan kepada kelompok remaja perempuan. Untuk itu disarankan agar mencari metode yang lebih tepat untuk kelompok remaja laki-laki.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114168
    Collections
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7410]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository