(Marketing Strategy and Processed Innovation as Sales Leverage of Anoman Burno’s Products During the COVID-19 Pandemic)
Date
2022-07-02Author
SUHARI, Suhari
ASTUTI, Anggia
RAHMAWATI, Primasari Mahardhika
MUSVIRO, Musviro
Metadata
Show full item recordAbstract
Pengembangan potensi desa menjadi eduwisata memiliki nilai-nilai budaya yang harus terpenuhi yaitu
tidak membuat perubahan dalam kehidupan masyarakat desa,masyarakat tidak keluar dari rutinitas
keseharian mereka dan menonjolkan kearifan lokal yang menjadi potensi besar yang bisa
dikembangkan. Di desa Burno sedang dikembangkan eduwisata berbasis agronursing bersama Sekolah
Desa Anoman Burno. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pelatihan tentang strategi
pemasaran dan inovasi olahan untuk meningkatkan penjualan produk anoman burno dengan
penurunan jumlah wisatawan yang berkunjung. Metode: Memperbaiki aspek produksi yakni dengan
mengkombinasikan susu dengan berbagai rempah untuk meningkatkan imunitas, memperbaiki aspek
pemasaran dengan cara memperluas pasar yang dapat dilayani mitra secara online, membantu
mempromosikan produk yang dihasilkan baik secara online maupun offline melalui caféedukasi yang
didirikan oleh mitra. Result: Hasil akhir dari program ini terdapat peningkatan pengetahuan
masyarakattentang pemanfaatan produk olahan berbahan dasar susu sapi dan kambing khas Senduro
bersama rempah-rempah yang banyak ditemukan di desa Burno sebagai imun booster di masa pandemi
covid-19, peningkatan kualitas produk pada segi kelayakan, dan daya tarik produk unggulan.
Conclusion: Pendampingan kepada mitra sangat dibutuhkan guna menjamin tercapainya tujuan
yang diinginkan dari seluruh aspek, agar dapat survival, tangguh dan berkembang di tengah
persaingan di masa pandemic covid 19.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7302]