• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dalam Meningkatkan Kesadaran Sejarah Peserta Didik

    Thumbnail
    View/Open
    FKIP_JURNAL_Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dalam Meningkatkan Kesadaran Sejarah Peserta Didik.pdf (1.879Mb)
    Date
    2022-06-26
    Author
    UMAMI, Riza
    UMAMAH, Nurul
    SUMARDI, Sumardi
    SURYA, Riza Afita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kesadaran sejarah merupakan tuntutan yang perlu dicapai dalam pembelajaran sejarah era 4.0 dengan mengimplementasikan paradigma merdeka belajar dan kurikulum 2013. Rendahnya kesadaran sejarah generasi muda pada era 4.0 dapat diketahui dari pelaksanaan pembelajaran sejarah di sekolah. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil angket yang mengukur kesadaran sejarah di tiga sekolah menunjukan rendahnya kesadaran sejarah peserta didik, yaitu: 59,42% untuk SMAN 4 Jember, 50,33% untuk SMAN 1 Tanggul dan 58,66% untuk SMAN 2 Tanggul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas implementasi model Value Clarification Technique (VCT) dalam meningkatkan kesadaran sejarah peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen kualitatif. Sampel penelitian ini adalah 98 peserta didik yang berasal dari kelas XI SMAN 1 Tanggul, SMAN 2 Tanggul, dan SMAN 4 Jember. Teknik pengambilan data menggunakan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukan peningkatan kesadaran sejarah peserta didik yang dapat dilihat dari empat indikator kesadaran sejarah, sebagai berikut; (1) 74.36%; (2) 86.40%; (3) 73.51% dan (4) 72.39%. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pendidik diharapkan mampu menciptakan lingkungan pembelajaran sejarah yang memberikan kebebasan dalam mengekspresikan diri, saling menghargai, bertanggung jawab dan memanfaatkan teknologi dengan memperhatikan kesadaran sejarah peserta didik serta inovatif dalam memilih model pembelajaran yang akan diimplementasikan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111803
    Collections
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository