Analisis Kemampuan Representasi Matematik dan Gambar Siswa SMAN 1 Jember pada Materi Suhu dan Kalor
Date
2022-12-30Author
FARADILA, Alifa
MAHARDIKA, I Ketut
BEKTIARSO, Singgih
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembelajaran dalam fisika menjelaskan materi yang terdiri dari
banyak konsep dan teori yang harus dipahami oleh siswa. Penguasaan
konsep fisika siswa yang masih rendah karena konsep yang bersifat abstrak
Multirepresentasi merupakan suatu cara menyajikan berbagai representasi
dalam menanamkan suatu konsep agar mudah dipahami. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis kategori kemampuan multirepresentasi yang
terdiri dari representasi matematik dan representasi gambar pada siswa XI
MIPA 5 SMA Negeri 1 Jember materi suhu dan kalor. Metode penelitian
yang digunkan yaitu penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian diperoleh
kemampuan representasi matematik dan gambar sama-sama berkategori
baik dengan besar kemampuan representasi matematik 74,00 persen, lebih
tinggi sedikit dibandingkan kemampuan representasi gambar yaitu 70,1
persen.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]