• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa dalam Model Pembelajaran Generatif Disertai Media Alat Percobaan Sederhana

    Thumbnail
    View/Open
    FKIP_SINNGIH_JURNAL_KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA.pdf (4.515Mb)
    Date
    2022-12-01
    Author
    DAMAYANTI, Sherly Eka Putri
    BEKTIARSO, Singgih
    MARYANI, Maryani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh model pembelajaran generatif disertai media alat percobaan sederhana terhadap berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian true experimental dengan desain penelitian post test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X program IPA di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok kelas, yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan cluster random sampling, didapatkan untuk kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa pilihan ganda dan uraian. Berdasarkan hasil analisis data berpikir kritis menggunakan uji Independent T-test diperoleh Sig. (2-tailed) senilai 0,001 dimana 0,001 kurang dari 0,05, menandakan perbedaan nilai rata-rata berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Sedangkan untuk hasil belajar dengan menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh nilai 0,006, dimana nilai itu menunjukkan kurang dari 0,05, maknanya perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Secara signifikan perbedaan antara keduanya menunjukkan bahwa model pembelajaran generatif disertai media alat percobaan sederhana berpengaruh terhadap berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111046
    Collections
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7410]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository