dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh model pembelajaran
generatif disertai media alat percobaan sederhana terhadap berpikir
kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian true experimental dengan desain penelitian post test only
control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X
program IPA di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Sedangkan sampel
yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok
kelas, yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan
sampel penelitian dilakukan dengan cluster random sampling,
didapatkan untuk kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA
2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang
digunakan adalah tes berupa pilihan ganda dan uraian. Berdasarkan
hasil analisis data berpikir kritis menggunakan uji Independent T-test
diperoleh Sig. (2-tailed) senilai 0,001 dimana 0,001 kurang dari 0,05,
menandakan perbedaan nilai rata-rata berpikir kritis siswa kelas
eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Sedangkan untuk hasil
belajar dengan menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh nilai 0,006,
dimana nilai itu menunjukkan kurang dari 0,05, maknanya perbedaan
nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dari
kelas kontrol. Secara signifikan perbedaan antara keduanya
menunjukkan bahwa model pembelajaran generatif disertai media
alat percobaan sederhana berpengaruh terhadap berpikir kritis dan
hasil belajar fisika siswa. | en_US |