Analisis Kepuasan Pengguna Akhir Aplikasi Mobile SIP Dispendukcapil Jember Menggunakan Metode End – User Computing Satisfaction (EUCS) Berdasarkan Perspektif Pengguna Generasi Millenial
Abstract
Layanan teknologi informasi, saat ini telah masuk pada berbagai aspek
kehidupan, termasuk instansi pemerintahan. Penerapan teknologi informasi dan
komunikasi di bidang pemerintahan telah didukung oleh kebijakan pemerintah
pusat melalui penerbitan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang
Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government. Dengan adanya
Instruksi Presiden ini, banyak instansi pemerintah yang beralih dari sistem manual
ke sistem digital. Layanan teknologi informasi telah banyak digunakan oleh instansi
pemerintah untuk memenuhi peran dan tanggung jawabnya. Salah satu instansi
yang telah menerapkan layanan teknologi informasi yaitu Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Jember (Dispendukcapil Jember) melalui aplikasi SIP
Dispendukcapil Jember.
SIP Dispendukcapil Jember merupakan salah satu bentuk e-government
yang dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi
kependudukan dan memudahkan pemerintahan Dispendukcapil untuk melayani
masyarakat. Berdasarkan feedback dari Google Play Store, aplikasi SIP
Dispendukcapil Jember dinilai sangat membantu dalam mengurus administrasi
kependudukan secara mudah, cepat dan efisien. Namun, beberapa pengguna juga
mengeluh terkait informasi yang didapat saat membuat akun dan pengajuan secara
online lebih lambat prosesnya. Selain itu, Dispendukcapil Jember ingin mengetahui
feedback terhadap kepuasan pengguna pada aplikasi mobile SIP Dispendukcapil
Jember.
Kepuasan pengguna dapat diukur menggunakan metode EUCS (End -
User Computing Satisfaction). Metode EUCS memiliki 5 variabel yaitu isi
(content), akurasi (accuracy), bentuk (format), kemudahan penggunaan (ease of use), dan ketepatan waktu (timeliness) dengan 12 instrument. Teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 349 responden.
Dengan mayoritas pengguna aplikasi adalah generasi millenial (lahir antara tahun
1981 hingga 1995), maka penelitian ini akan menggunakan generasi millenial
sebagai salah satu kriteria respondennya. Metode EUCS digunakan untuk
menganalisis kepuasan pengguna akhir aplikasi mobile SIP Dispendukcapil Jember
berdasarkan perspektif pengguna generasi millenial. Tujuan penelitian yaitu untuk
mengetahui faktor – faktor yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap user
satisfaction yang nantinya akan digunakan sebagai rekomendasi dalam
pengembangan aplikasi mobile SIP Dispendukcapil Jember.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa
variabel content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness berpengaruh positif
dan signfikan terhadap kepuasan pengguna. Faktor - faktor yang berpengaruh
positif dan signifikan diharapkan dapat dijaga atau ditingkatkan sehingga tidak
terjadi penurunan kepuasan pengguna akhir terhadap aplikasi mobile SIP
Dispendukcapil Jember