Show simple item record

dc.contributor.authorWACHIDIN, Nadhifa Aiman
dc.date.accessioned2022-10-31T01:35:32Z
dc.date.available2022-10-31T01:35:32Z
dc.date.issued2022-07-07
dc.identifier.nim182410101131en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110410
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 31 Oktober 2022en_US
dc.description.abstractLayanan teknologi informasi, saat ini telah masuk pada berbagai aspek kehidupan, termasuk instansi pemerintahan. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pemerintahan telah didukung oleh kebijakan pemerintah pusat melalui penerbitan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government. Dengan adanya Instruksi Presiden ini, banyak instansi pemerintah yang beralih dari sistem manual ke sistem digital. Layanan teknologi informasi telah banyak digunakan oleh instansi pemerintah untuk memenuhi peran dan tanggung jawabnya. Salah satu instansi yang telah menerapkan layanan teknologi informasi yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember (Dispendukcapil Jember) melalui aplikasi SIP Dispendukcapil Jember. SIP Dispendukcapil Jember merupakan salah satu bentuk e-government yang dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan dan memudahkan pemerintahan Dispendukcapil untuk melayani masyarakat. Berdasarkan feedback dari Google Play Store, aplikasi SIP Dispendukcapil Jember dinilai sangat membantu dalam mengurus administrasi kependudukan secara mudah, cepat dan efisien. Namun, beberapa pengguna juga mengeluh terkait informasi yang didapat saat membuat akun dan pengajuan secara online lebih lambat prosesnya. Selain itu, Dispendukcapil Jember ingin mengetahui feedback terhadap kepuasan pengguna pada aplikasi mobile SIP Dispendukcapil Jember. Kepuasan pengguna dapat diukur menggunakan metode EUCS (End - User Computing Satisfaction). Metode EUCS memiliki 5 variabel yaitu isi (content), akurasi (accuracy), bentuk (format), kemudahan penggunaan (ease of use), dan ketepatan waktu (timeliness) dengan 12 instrument. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 349 responden. Dengan mayoritas pengguna aplikasi adalah generasi millenial (lahir antara tahun 1981 hingga 1995), maka penelitian ini akan menggunakan generasi millenial sebagai salah satu kriteria respondennya. Metode EUCS digunakan untuk menganalisis kepuasan pengguna akhir aplikasi mobile SIP Dispendukcapil Jember berdasarkan perspektif pengguna generasi millenial. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui faktor – faktor yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap user satisfaction yang nantinya akan digunakan sebagai rekomendasi dalam pengembangan aplikasi mobile SIP Dispendukcapil Jember. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa variabel content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness berpengaruh positif dan signfikan terhadap kepuasan pengguna. Faktor - faktor yang berpengaruh positif dan signifikan diharapkan dapat dijaga atau ditingkatkan sehingga tidak terjadi penurunan kepuasan pengguna akhir terhadap aplikasi mobile SIP Dispendukcapil Jemberen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Fahrobby Adnan, S.Kom., M.MSI Dosen Pembimbing Pendamping : Fajrin Nurman Arifin, S.T., M.Engen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectAPLIKASI MOBILE SIPen_US
dc.subjectMETODE END – USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)en_US
dc.subjectGENERASI MILLENIALen_US
dc.titleAnalisis Kepuasan Pengguna Akhir Aplikasi Mobile SIP Dispendukcapil Jember Menggunakan Metode End – User Computing Satisfaction (EUCS) Berdasarkan Perspektif Pengguna Generasi Millenialen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSistem Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Fahrobby Adnan, S.Kom., M.MSIen_US
dc.identifier.pembimbing2Fajrin Nurman Arifin, S.T., M.Engen_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record