Browsing MT-Teacher Training and Education by Title
Now showing items 89-108 of 189
-
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Virtual Berbasis Web pada Materi Mitigasi Bencana untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar pada Siswa SMK
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2021-11-13)Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat rawan bencana, khususnya bencana geologi, vulkanisme dan hidrometeorologi. Bencana alam yang tercatat di Indonesia oleh BNPB mulai awal tahun 2020 hingga akhir tahun 2020 ... -
“Pengembangan LKS IPA Berasis Sains Teknologi Masyarakat Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa SMP
(2018-11-15)Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan suatu ilmu yang berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam dan fenomena alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta ... -
Pengembangan Lks Materi Kemagnetan Berbasis Stem Untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Multirepresentasi Siswa SMP
(2018-08-15)Pembelajaran IPA atau sains, peserta didik dituntut untuk terlibat secara fisik maupun mental. Pemberian pengalaman secara langsung pada peserta didik dalam pembelajaran IPA sangat penting untuk mengembangkan kompetensi ... -
PENGEMBANGAN LKS PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROYEK
(2016-12-06)Penelitian ini dapat digolongkan dalam penelitian pengembangan pendidikan yaitu berupa pengembangan LKS pembelajaran IPA berbasis proyek. Lokasi uji coba skala kecil pengembanagn LKS pembelajaran IPA berbasis proyek adalah ... -
Pengembangan Media Animasi Fisika Interaktif untuk Pembelajaran Gelombang di SMA
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2019-07-10)Penggunaan ICT sebagai media pembelajaran sangat diperlukan terutama dalam pembelajaran fisika agar peserta didik memiliki pemahaman konsep terhadap suatu materi dan kemandirian belajar, untuk itu perlu adanya pemilihan media ... -
Pengembangan Media Berbantuan Geo Gebra pada Sistem Pertidaksamaan Linear-Kuadrat dalam Meningkatkan Literasi Matematika Siswa
(2022-06-11)Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbantuan GeoGebra yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model Thiagarajan (4-D) yang meliputi empat tahap, yaitu ... -
Pengembangan Media Double-Display untuk Pembelajaran Fisika pada materi Cahaya dan Optik di SMK Teknologi dan Rekayasa
(2018-11-09)Salah satu media pembelajaran yang diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dan kondusif yaitu dengan menggunakan media Double- Display. Media Double-Display merupakan sebuah media animasi yang ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Android Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Smp
(2020)Salah satu media pembelajaran yang diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dan kondusif yaitu dengan menggunakan media pembelajaran IPA berbasis android merupakan sebuah media yang memadukan media ... -
Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Smp
(2018-11-14)Permasalahan yang terdapat didalam pembelajaran IPA salah satunya siswa cenderung pasif dan kurang mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya, sehingga sangat penting kemampuan berpikir kritis siwa dilatihkan pada siswa ... -
Pengembangan Model Advance Project Learning (APL) untuk Meningkatkan HOTS dan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Kimia di SMAN Kelas XI
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07)Kimia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang mempunyai peranan penting dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Para ahli kimia mempelajari gejala alam melalui proses pengamatan dan eksperimen yang ... -
PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SMA MENGGUNAKAN ASSURE
(2017-03-09)Berdasarkan pembahasan mengenai pengembangan model pembelajaran Blended Learning maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: a. Hasil validasi dari para ahli yang terdiri dari ahli materi pembelajaran, ... -
Pengembangan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Unsur Metode Sorogan Untuk Pembelajaran Ipa Siswa Mts
(2018-12-12)Hasil uji validitas meliputi validitas silabus mencapai 85,7% dengan kategori sangat valid, validitas RPP mencapai 87,5% dengan kategori sangat valid, validitas soal tes mencapai 85,2% dengan kategori sangat valid, ... -
Pengembangan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Unsur Metode Sorogan Untuk Pembelajaran IPA Siswa MTs
(2018-07)Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan tahap-tahap penelitian Borg & Gall (1893) sampai pada tahap revisi hasil uji efektivitas kelompok besar terbatas, yang menghasilkan produk berupa model ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Real Questing (Reorientation, Questioning, Investigation, Solving) Berorientasi Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Biologi SMA
(2019-04-08)Kurikulum 2013 menghendaki pembelajaran yang memperkaya pengalaman belajar siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik. Salah satu kegiatan dalam pendekatan ini adalah kegiatan bertanya. Kegiatan bertanya diharapkan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Accelerated Learning Integrated By Discovery (ALID) pada siswa SMA kelas X dengan Model Borg and Gall
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER, 2019-05-24)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh analisis kebutuhan sekolah SMA Negeri di Kabupaten Jember yaitu pada mata pelajaran sejarah, model pembelajaran yang digunakan pendidik belum memfasilitasi peserta didik untuk berfikir ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN AGT Re-Con (AUDITORY GUIDING TESTING REPETITION AND CONCLUSSION) UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING DAN HASIL BELAJAR IPA DI MTs
(2017-01-13)Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Computational Based Learning (CBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking dan Literasi Sains Dalam Pembelajaran Fisika dI SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-20)Karakteristik peserta didik di era revolusi industri 4.0 yang akan menuju era society 5.0 menuntut banyak kemampuan yang harus bisa dimiliki terutamanya pada kecakapan dalam menyelesaikan masalah dan Computational thinking ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DOTISC (DIRECTION, ORGANIZATION, TUTORING, IMPLEMATION, SOLUTION, AND CONFIRMATION) UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SMP
(2016-11-28)Pembelajaran adalah suatu rangkaian kegiatan belajar yang harus disusun dan direncanakan oleh guru agar dapat berjalan dengan baik, efektif, dan mencapai tujuannya. Bukan sekedar melakukan pengajaran dengan guru hanya ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Gsece (Guiding, Searching, Experiencing, Communicating, Evaluating) Untuk Pembelajaran Fisika Di Smk
(2018-07-11)Salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi siswa sehingga pembelajaran berhasil baik yaitu dapat dilakukan melalui mengembangkan model pembelajaran. Model pembelajaran yang dikembangkan didesain mampu meningkatkan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran ilc3 (Identify, Literature Review, Construct, Create and Communicate) Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bioteknologi
(2020)Siswa yang hidup pada abad 21 dituntut untuk menguasai keilmuan, berketerampilan metakognitif, berpikir kritis dan kreatif, serta dapat berkomunikasi dan berkolaborasi. Keterampilan abad 21 merupakan sebuah perkembangan ...