Browsing STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa) by Author "Titik Sugiarti"
Now showing items 1-20 of 27
-
Analisis Buku Siswa Matematika Kelas VIII Semester 1
Melsi Melissa; Titik Sugiarti; Dian Kurniati (UNEJ, 2015)Buku teks merupakan salah satu media pembelajaran yang sangat penting. Buku teks yang berkualitas, jelas akan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Cara mengetahui kualitas buku teks salah satunya dengan melakukan ... -
Analisis Deskriptif Soal Ujian Nasional Matematika Tingkat Sekolah Menengah Pertama Tahun Ajaran 2012/2013 dan 2013/2014 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi
Ahmad Anas Marzuqi; Titik Sugiarti; Toto' Bara Setiawan (UNEJ, 2015)Ujian Nasional merupakan suatu bentuk evaluasi terhadap pencapaian kompetensi peserta didik yang diselenggarakan secara nasional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase ... -
Analisis Kesalahan Berdasarkan Kategori
Ruly Ayu Permatasari; Titik Sugiarti; Muhtadi Irvan (UNEJ, 2014)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah: (1) jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan perkalian dan pembagian pecahan berdasarkan kategori kesalahan menurut Watson, (2) persentase ... -
Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pengolahan Data Siswa Kelas VI SDN Baletbaru 02 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2014/2015
Kurniya Ayu Winarsih; Titik Sugiarti; Khutobah (UNEJ, 2015)Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes berbentuk uraian sebanyak lima soal yang telah divalidasi kepada satu dosen Pendidikan Matematika dan dua guru mata pelajaran matematika. Penelitian dilakukan di kelas VI SDN ... -
Analisis Kesesuaian Materi Geometri dalam Buku Sekolah Elektronik Ayo Belajar Matematika untuk SD/MI Kelas IV Berdasarkan Kriteria Bell
Tri Puji Irawati; Titik Sugiarti; Nanik Yuliati (UNEJ, 2014)Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesesuaian materi geometri dalam Buku Sekolah Elektronik Ayo Belajar Matematika untuk SD/MI kelas IV berdasarkan kriteria Bell. Subjek dalam penelitian ini adalah materi ... -
Analisis Level Jawaban Siswa Kelas X Jurusan Multimedia SMKN 5 Jember dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Berdasarkan Taksonomi SOLO
Agevia Aquareisa Kharnadara; Titik Sugiarti; Arika Indah Kristiana (UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk menentukan persentase pada masing-masing level jawaban dan kecenderungan siswa kelas X jurusan Multimedia dalam menyelesaikan soal cerita materi persamaan dan pertidaksamaan linier berdasarkan ... -
Kecerdasan Visual Spasial dan Logis Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember
Vinny Dwi Librianti; Sunardi; Titik Sugiarti (UNEJ, 2015)ujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis dalam menyelesaikan masalah geometri siswa kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember. Penelitian ini merupakan jenis ... -
Kecerdasan Visual-Spasial dan Logika Matematika dalam Menyelesaikan Soal Geometri Siswa Kelas XI IPA 8 SMA Negeri 2 Jember
Lina Nofianti H.U.; Titik Sugiarti; Susanto (UNEJ, 2015)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logika matematika siswa kelas XI IPA 8 SMA Negeri 2 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. ... -
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT AND SATISFACTION) SISWA KELAS III SDN LENGKONG 04 JEMBER
Anik Suryani; Titik Sugiarti; Susanto (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lengkong 04 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada materi penjumlahan dan pengurangan uang melalui model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SDN Kepatihan 06 Jember
Rizza Amrulloh; Titik Sugiarti; Misno A. Latief (UNEJ, 2014)Kurang optimalnya pembelajaran Matematika di SD disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah penggunaan model dan media pembelajaran yang belum mampu menjadi jembatan penghubung antara materi Matematika yang abstrak ... -
Penerapan Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Berbatuan Alat Peraga Dakon Bilangan Untuk Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar FPB dan KPK Siswa Kelas IV SDN Sumbersari 01 Tahun Ajaran 2015/2016
Adesila Kurniyasari; Titik Sugiarti; Mutrofin (UNEJ, 2016)Penerapan pembelajaran AIR terdiri dari Auditory, Intellectually, dan Repetition. Tahap Auditory yaitu memberikan motivasi dengan cara mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan nyata atau sehari-hari, memberi ... -
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Sub Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII G
Muhammad Ziyad Falahi; Titik Sugiarti; Hobri (UNEJ, 2014)Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui hasil kegiatan belajar dalam aplikasi studi kooperatif dengan tipe Team Assisted Individualization (TAI). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas tujuh SMPN 7 Jember. ... -
Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Komponen Kerucut, Tabung, Prisma Tegak dan Limas Siswa Kelas V SDN Kamal 03 Tahun Ajaran 2015/2016
Diana Setia Rahayu; Sunardi; Titik Sugiarti (UNEJ, 2016)Objek matematika adalah abstrak, sedangkan tingkat berpikir siswa sekolah dasar masih pada tahap operasional konkrit. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa dalam pembelajaran matematika akan berhasil jika ... -
Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Luas Trapesium dan Layang-layang Siswa Kelas V SDN Biting 01 Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016
Teguh Eko Prasetyo; Titik Sugiarti; Mutrofin (UNEJ, 2015)Matematika merupakan ilmu yang mendasari perkembangan sains dan teknologi serta memiliki peranan penting dalam berbagai aspek, sehingga perlu dibelajarkan sejak dini. Hasil belajar siswa kelas V SDN Biting 01 masih rendah. ... -
Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok di SDN Sumbersari 02 Tahun Ajaran 2015/2016
Fahrun Nisa Robbaniah; Titik Sugiarti; Misno A Latif. (UNEJ, 2015)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 02 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan pemecahan masalah. Hal ini dikarenakan keterampilan ... -
Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Darus Sholah Jember Tahun Ajaran 2015/2016
Yulia Handriani; Titik Sugiarti; Susanto (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Darus Sholah Jember pada mata pelajaran Matematika. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran masih berpusat kepada guru (Teacher ... -
Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Kesebangunan Bangun Datar Siswa Kelas V SDN Tegalgede 01 Jember
Windy Zarina Agustina; Titik Sugiarti; Nanik Yuliati (UNEJ, 2015)Pembelajaran Matematika menekankan pemberian pengalaman langsung kepada siswa agar siswa dapat terlibat aktif dan kreatif dalam pembelajaran karena menemukan konsep materi secara ilmiah. Berdasarkan hasil observasi terhadap ... -
Penerapan Teori Belajar Van Hiele untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Sifat-Sifat Segiempat Siswa Kelas V SDN Antirogo 01 Jember
Febta Mubayinah; Titik Sugiarti; Khutobah (UNEJ, 2016)Aspek geometri yang dipelajari pada mata pelajaran matematika adalah suatu aspek yang sangat penting dalam kehidupan siswa nantinya, karena pada aspek geometri dipelajari mengenai sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang ... -
Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Geometri dan Pengukuran Siswa Kelas III SDN Ambulu 01 Jember
Uswatun Chasanah; Sunardi; Titik Sugiarti (UNEJ, 2016)Pembelajaran pada kurikulum KTSP yang dikembangkan saat ini menuntut guru untuk kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran dengan melibatkan siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran agar dapat memperoleh hasil belajar ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Tema Cita-citaku Pokok Bahasan Sudut pada Segitiga dan Segiempat Untuk Kelas IV SD
Eis Putri Wahyudi; Titik Sugiarti; Nanik Yuliati (UNEJ, 2015)Dalam Kurikulum 2013 matematika terintegrasi dengan mata pelajaran lainnya pada satu tema. Sehingga yang terjadi adalah konsep dari matematika itu sendiri kurang mendominasi. Dari hal tersebut maka guru harus berusaha ...