Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Geometri dan Pengukuran Siswa Kelas III SDN Ambulu 01 Jember
Abstract
Pembelajaran pada kurikulum KTSP yang dikembangkan saat ini menuntut guru untuk kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran dengan melibatkan siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran agar dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal, sehingga seorang guru harus selektif dalam memilih pendekatan pembelajaran yang akan diterapkan. Pendekatan matematika realistik merupakan pendekatan yang sesuai jika diterapkan pada kurikulum KTSP saat ini karena dilihat dari prinsip utamanya yaitu siswa harus berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran dan guru harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun pengetahuan dan pemahamannya sendiri. Oleh karena itu dipilih pendekatan matematika realistik sebagai salah satu pendekatan pembelajaran pada kurikulum KTSP. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Ambulu 01 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IIIA dan IIIB SDN Ambulu 01 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan statistik uji-t diperoleh = 3,706 dengan keefektifan relatif sebesar 48,23%. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa ttest > ttabel (3,706> 1,638), dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh penerapan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Ambulu 01 Jember diterima. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Ambulu 01 Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]