• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Geometri dan Pengukuran Siswa Kelas III SDN Ambulu 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    USWATUN CHASANAH.odt (338.5Kb)
    Date
    2016
    Author
    Uswatun Chasanah
    Sunardi
    Titik Sugiarti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran pada kurikulum KTSP yang dikembangkan saat ini menuntut guru untuk kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran dengan melibatkan siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran agar dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal, sehingga seorang guru harus selektif dalam memilih pendekatan pembelajaran yang akan diterapkan. Pendekatan matematika realistik merupakan pendekatan yang sesuai jika diterapkan pada kurikulum KTSP saat ini karena dilihat dari prinsip utamanya yaitu siswa harus berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran dan guru harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun pengetahuan dan pemahamannya sendiri. Oleh karena itu dipilih pendekatan matematika realistik sebagai salah satu pendekatan pembelajaran pada kurikulum KTSP. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Ambulu 01 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IIIA dan IIIB SDN Ambulu 01 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan statistik uji-t diperoleh = 3,706 dengan keefektifan relatif sebesar 48,23%. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa ttest > ttabel (3,706> 1,638), dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh penerapan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Ambulu 01 Jember diterima. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Ambulu 01 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76488
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository