• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Luas Trapesium dan Layang-layang Siswa Kelas V SDN Biting 01 Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    TEGUH EKO PRASETYO.odt (262.0Kb)
    Date
    2015
    Author
    Teguh Eko Prasetyo
    Titik Sugiarti
    Mutrofin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika merupakan ilmu yang mendasari perkembangan sains dan teknologi serta memiliki peranan penting dalam berbagai aspek, sehingga perlu dibelajarkan sejak dini. Hasil belajar siswa kelas V SDN Biting 01 masih rendah. Sebagian besar siswa beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan tidak menarik karena guru biasanya hanya menyampaikan materi dengan ceramah, mencatat dan penugasan tanpa mengahdirkan dunia yang nyata di kelas. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tindakan kelas dengan siswa kelas V sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar pokok bahasan luas trapesium dan layang-layang siswa kelas V SDN Biting 01 Jember dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa meningkat dari 68,7% pada siklus I menjadi 77, 9% pada siklus II dan aktivitas siswa juga meningkat dari 65,5 % pada silus I menjadi 78,5 % pada siklus II. Selain itu aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran matematika realistik juga mengalami peningkatan dari 70,5 pada siklus I menjadi 86,4 pada siklus II. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik pada pembelajaran matematika telah berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Biting 01 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76481
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository